www.nawacitapost.com

Subag, NAWACITAPOST.COM – Terkait setelah kunjungan kerja Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM R.I, Razilu di wilayah Kumham Jabar. Tim Satuan Oprasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal) Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat (Jabar) mendadak sidak Lapas Kelas IIA subang yang dipimpin lansung Kadivpas (Taufiqurrakhman), bersama Irwil II Kementerian Hukum dan HAM RI (Icon Siregar), Inspektur Wilayah I (Rivai) serta didampingingi Kalapas Subang (Tommi Hendri) dan Kepala Bapas Subang (Tendi Kustendi) siang ini, Kamis 24/02/.

www.nawacitapost.com

Dari hasil penggeledahan ditemukan 4 handphone, teko pemanas air, Kartu Remi, Kipas Angin, Speaker Aktif, Terminal Listrik, Sendok Stainless dan Senjata Tajam Rakitan. Selain itu, berdasarkan sampling tes urine kepada 10 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) diperoleh hasi Negatif seluruhnya.

Temuan ini tentunya menjadi pengingat sekaligus bahan evaluasi bagi petugas agar lebih berhati-hati dan lebih waspada dalam melakukan pemeriksaan barang yang masuk kedalam Lapas,” ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Taufiqurrakhman.

Menurunkan 26 petugas di penggeledahan tersebut, Satops Patnal lebih di Blok C Lapas Subang untuk memastikan lingkungan aman dan tertib di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang rawan dan rentan terjadinya penyelundupan barang-barang terlarang kedalam Lapas dan rumah tahanan (rutan).

www.nawacitapost.com

Dalam motivasi yang di sampaikan oleh Kadivpas kepada WBP mengatakan “Isi waktu dengan hal yang positif, jangan pernah merasa jadi orang gagal, jadikan kesalahan ini menjadi pelajaran kedepannya.” Ungkapnya.

Selanjutnya mengutip dari kebijakan Direktur Jendral Pemasyarakatan, Taufiqurrakhman menyampaikan bahwa “tiga kunci Pemasyarakatan Maju yaitu Deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, Pemberantasan Narkoba, dan Sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum lainnya”, lanjutnya

Saya percaya dengan pelaksanaan sidak yang lebih sering, maka kondisi di Lapas/Rutan akan aman dan bebas dari barang-barang terlarang dapat tercipta.” Terang Kadivpas.

Baca juga :  Silaturahmi Ke Bupati Nias Barat, Faduhusi : Media Itu Mitra Pemerintah 

“Dan untuk menjaga kondisi yang aman dan tertib, dibutuhkan kerja sama dan komitmen dari seluruh pihak terkait. Melalui sidak diharapkan menyadarkan napi bahwa mereka selalu diawasi,” tutup Taufiqurrakhman.

WWW.NAWACITAPOST.COM

Dengan apa yang diperoleh hasil sidak ini, saya apresiasi kepada pihak Lapas karena tidak adanya WBP yang positif dan dari hasil temuan barang-barang terlarang yang masuk sudah sedikit, ini bukti keseriusan dari pihak Lapas maupun pihak Kantor Wilayah dalam hal pengawasan terhadap WBP,” ucap Icon Siregar.