Padangsidimpuan, NAWACITAPOST.COM – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Padangsidimpuan, Indra Kesuma, A.Md.IP., SH., MH, sambut kunjungan Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan dan tim, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga : WBP Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut, Rutin Mengikuti Pembinaan Kerohanian

Nor Mita Ika Saputri, M.Psi, selaku dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan mengatakan bahwa kunjungannya ke Lapas dalam rangka menjalin mitra kerjasama dalam pelaksanaan kegiatan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

“Kita berkunjung dalam dalam rangka menjalin mitra kerjasama dalam pelaksanaan kegiatan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), guna menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan juga sebagai sarana pelayanan psikologi bagi warga binaan nantinya,” Ucap Nor Mita.

Dalam kesempatan tersebut Kalapas Indra Kesuma mengatakan bahwa saat ini khususnya Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan telah terjadi overkapasitas yang berpengaruh pada pola kehidupan.

“Saat ini Lapas Padangsidimpuan memang mengalami overkapasitas penghuni. Kondisi tersebut mengakibatkan pola kehidupan yang tidak nyaman bahkan bisa dikatakan tidak normal. Hal ini tentu saja bisa membuat rarga binaan berpotensi mengalami stres atau masalah kejiwaan disebabkan kondisi di dalam Lapas/Rutan.

Dengan adanya kerjasama ini, Kalapas Indra Kesuma berharap agar dengan dibangunnya kerjasama ini maka pelayanan psikologi bisa mulai dilakukan sesuai kebutuhan setiap warga binaan untuk mendapatkan informasi bahkan penanganan dini terkait kesehatan mentalnya agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

(Humas Lapasid)

Baca juga :  Ditjen AHU Bersama Kemenkumham Jabar Laksanakan Penguatan Dan Pembinaan Notaris Guna Tingkatkan Pelayanan Publik di Wilayah Sukabumi