Kakanwil Kumham Sumut Pantau Pembuatan Batik Nukha Nibira

Gunungsitoli – NAWACITAPOST –  Setelah sukses melaksanakan Deklarasi Janji Kinerja dan Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2022 dua hari yang lalu, kini Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIB Gunungsitoli mendapatkan kunjungan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Imam Suyudi. Sabtu, (29/01/2022).

Kunjungan yang didampingi oleh Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Erwedi Supriyatno, ini dilaksanakan dalam rangka memonitoring persiapan LAPAS Kelas IIB Gunungsitoli dalam menghadapi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK tahun 2022 ini.

Di waktu yang bersamaan, Imam juga memantau kegiatan pembuatan batik Nukha Nibira yang menjadi salah satu kegiatan rutin yang menjadi program LAPAS Kelas IIB Gunungsitoli untuk mengembangkan kemampuan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Nukha Nibira sendiri merupakan batik tulis khas Nias yang memiliki motif-motif unik ornamen Nias. Di Indonesia, LAPAS Kelas IIB Gunungsitoli menjadi satu-satunya LAPAS yang memproduksi batik Nukha Nibira ini.

Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Kepala LAPAS Kelas IIB Gunungsitoli, Effendi Yulianto, dengan tetap mempertahankan protokol kesehatan sepanjang kunjungan tersebut berlangsung.

Baca juga :  Lapas Samarinda Ikuti Desk Evaluasi Pembangunan ZI Menuju WBK WBBM Oleh TPI