Makassar. NAWACITAPOST –  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Harun Sulianto, Jumat(28/01) menyampaikan apresiasinya kepada Lapas Bulukumba dan Rutan Pinrang atas dimulainya  Rehabilitasi Sosial dan Medis bagi tahanan dan WBP tindak pidana narkotika.

Pelaksanaan rehabilitasi ini merupakan  salah satu upaya agar para tahanan dan WBP tindak pidana narkotika menyadari kesalahannya, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana .

Kakanwil Harun berterima kasih kepada Kepala BNNP Sulsel Brigjen Pol. Ghiri Prawijaya  yang selalu mendukung penuh upaya rehabilitasi ini. Apresiasi juga disampaikan kepada Kepala Balai Rehabilitasi Badokka , para konselor adiksi, dokter dan para medis, psikolog , dan semua pihak yang selama ini telah bersinergi dan kolaborasi dengan Lapas dan Rutan di Sulsel

Kalapas Bulukumba Mutzaini mengatakan program rehabilitasi sosial tahap I dilapas Bulukumba diikuti 60 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Harapannya menjadi wadah bagi peserta untuk menjauhi dunia narkoba dan setelah bebas bisa produktif sehingga berguna bagi masyarakat.

Sementara Karutan Pinrang Wahyu Trah Utomo mengatakan program rehabilitasi medis diikuti 60 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dilakukan dalam dua tahap. Tiap tahap  diikuti 30 orang.

Rehabilitasi dilaksanakan selama 6 bulan, dengan materi yakni, konseling individu, konseling kelompok, seminar, morning meeting, page group, static group, kegiatan olahraga 2 kali seminggu dan seni 1 kali seminggu.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Sulsel Edi Kurniadi yang membuka rehabilitasi di rutan Pinrang mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kanwil Kemenkumham Sulsel memerangi dan memberantas peredaran gelap narkoba di Lapas dan Rutan.

Kegiatan Rehabilitasi di Lapas Bulukumba dihadiri Wakil Bupati Bulukumba Edy Manaf, Kepala BNNP Sulsel Brigjen Pol. Ghiri Prawijaya, Kapolres Bulukumba AKBP Suryono Ridho Murtedjo, Kajari Bulukumba Hartam Ediyanto, Dandim 1411 Bulukumba Letkol Czi Dendi Rahmat Subekti.

Baca juga :  Lapas Kelas IIB Panyabungan Bersama Polres dan BNNK Mandailing Natal Laksanakan Razia Gabungan Blok Hunian WBP

Juga dihadiri Kadis Sosial Bulukumba Andi Mappiwali, Ketua Da’i Muda Bulukumba A. Ikhwan Bahar dan Ketua Ponpes Imam Nawawi Bulukumba Abdurrahman serta Para Konselor dari Dinas Sosial Bulukumba.