PALU, NAWACITAPOST.COM – Sabtu (22/01) 8 orang penyelam menggelar upacara pengibaran bendera Merah – Putih dan Pataka Imigrasi dalam rangka memperingati HUT Imigrasi Ke – 72. Upacara digelar di 4 tempat berbeda yaitu bawah laut Tanjung Karang, Donggala,  Atol, Kepulauan Togean, Bomber, Kepulauan Togean dan Una – una Kepulauan Togean.

Baca Juga : Wujud Komitmen Kinerja, Rutan Poso Gelar Apel Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2022

Kegiatan diawali dengan penyerahan pataka oleh Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng, Lilik Sujandi kepada Ketua Tim penyelam Divisi Keimigrasian, Amar Buchdiansyah.

“Walaupun dilaksanakan dalam masa pandemi, Semoga kegiatan pengibaran bendera yang akan dilakukan berlangsung dengan aman dan dapat mengharumkan nama Kemenkumham baik nasional maupun internasional serta dapat memperkenalkan kepada masyarakat luas keindahan laut yang ada di Sulawesi Tengah” pungkas Kakanwil.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulteng Berserta Jajaran Deklarasikan Janji Kinerja 2022

Setelah upacara penyerahan pataka selesai, Tim langsung bergerak menuju tempat pengibaran bendera yang pertama yaitu Tanjung Karang, Kabupaten Donggala. Dengan kedalaman 18 meter dan arus laut yang cukup deras tidak mematahkan semangat para Divers untuk mengibarkan Sang saka Merah Putih dan Pataka Imigrasi dibawah permukaan laut.

Dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 Jam menuju kabupaten Ampana, Tim tiba dilokasi penyebrangan menuju Kepulauan Togean namun perjalanan tidak dapat dilanjutkan menuju Kepulauan Togean dikarenakan cuaca yang kurang bershabat dan gelombang laut yang tinggi.

Baca Juga : Ratusan WBP Rutan Donggala di Titipkan ke Lapas Palu Untuk Sementara

Keesokan harinya, Tim Diver melanjutkan penyebrangan dengan menggunakan SpeedBoat menuju Kepulauan Togean. Tim melakukan penyelaman di Atol, Kepulauan Togean, dengan Arus yang cukup bersahabat, Pataka Imigrasi berhasil di abadikan melalui Drone maupun Kamera bawah laut.

Baca juga :  Gubernur Khofifah Salurkan 4.000 Paket Sembako dan Ribuan Peralatan Medis ke Warga Kepulauan Raas dan Kangean - Sumenep

Selanjutnya Tim Divers Kembali melakukan penyelaman, kali ini tim menyambangi 2 spot sekaligus yaitu Lokasi Jatuhnya Pesawat Bomber Liberator pada Perang Dunia Ke II dan Kepulauan Una – una.

selain dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 72, semoga kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat untuk selalu menjaga kekayaan alam Indonesia yang melimpah, khususnya di Kabupaten Donggala dan Kepulauan Togean.

YouTube player