Foto Hutan kota Pakal Sumber : Website resmi Pemkot Surabaya

Surabaya NAWACITAPOST – Memperingati hari Lingkungan Hidup, komitmen Pemkot Surabaya untuk membangun hutan kota minimal 10 persen dari luas wilayah Kota Surabaya masih jauh dari target. Josiah Michael, Ketua Bapemperda DPRD Kota Surabaya, menagih janji Pemkot Surabaya.

“Saat ini luas hutan kota baru mencapai 306,35 Ha. Sementara pemkot berjanji akan membangun 3.300 hektar dalam 10 tahun sejak disahkannya Perda no 15 Tahun 2014 hutan kota. Capaian ini masih jauh dari target,” ujar Josiah Legislator dari Fraksi PSI.

Josiah yang juga Anggota komisi A ini mempertanyakan apa yang menjadi kendala sehingga progres pembangunan hutan kota lambat, padahal perda ini sudah berjalan 7,5 tahun.

“Kita punya sisa waktu 2,5 tahun lagi untuk memenuhi target luasan hutan kota. Kami akan terus mengawal komitmen Pemkot Surabaya untuk mengurangi emisi karbon dan peningkatan suhu udara, apalagi kota Surabaya makin lama makin panas, makin tinggi suhunya. Selain itu dapat berfungsi juga sebagai resapan untuk mencegah banjir. Kita libatkan masyarakat agar pembangunan hutan kota berhasil,” pungkas Josiah.

Menurut Josiah adalah tugas kita bersama menjaga kota Surabaya, walaupun aturan tersebut dibuat sebelum periodenya menjabat, akan tetapi Josiah merasa berkewajiban untuk mengawasi jalannnya perda yang telah dibuat. (BNW)

Baca juga :  Diskominfo Bekali Pengelola PPID Perangkat Daerah Penulisan Konten Website