Gunungtua, NAWACITAPOST.COM – Dalam rangka merayakan tahun baru, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Gunungtua Kanwil Kemenkumham Sumut mengadakan coffe morning sekaligus untuk mensosialisasikan Asimilasi, Pembebasan Bersyarat dan Cuti Bersyarat. Sabtu, (01/01/2022) pukul 09.30 WIB.

Baca Juga : Rutan Kelas IIB Natal Kanwil Kemenkumham Sumut, Deteksi Dini Blok Hunian WBP

Presiden telah menetapkan perpanjangan PPKM secara Nasional, hal tersebut berpengaruh terhadap Asimilasi di rumah terhadap narapidana dan anak yang diperpanjang oleh Menteri Hukum dan HAM RI yang tertuang dalam Permenkumham Nomor 43 Tahun 2021.

Perpanjangan Asimilasi di rumah ini merupakan langkah yang ditempuh oleh Kementerian Hukum dan HAM untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Lapas ataupun Rutan. Terlebih lagi pada saat sekarang ini, telah muncul varian baru dari covid-19.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Gunungtua memberikan Sosialisasi terhadap seluruh wbp tentang Asimilasi, PB, dan juga CB. Sosialisasi kali ini memfokuskan tentang Asimilasi di rumah, sebab program ini merupakan kebijakan yang dikeluarkan selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Pada sosialisasi ini dijelaskan perubahan jangkauan waktu untuk asimilasi yang semula berlaku bagi narapidana yang telah menempuh 2/3 masa pidananya hingga tanggal 31 Desember 2021 kini diperpanjang hingga 30 Juni 2022. Dengan ketentuan salah satunya ialah untuk narapidana yang telah berkelakuan baik selama masa pidananya tersebut. Diharapkan dengan kebijakan ini, penyebaran mata rantai Covid-19 dapat terputus dan keadaan di seluruh dunia yang terdampak Covid-19 semakin membaik terutama di Indonesia.

(Humas Lagunta)

Baca juga :  Jemaat GNKP-Indonesia Rayakan Natal dan Berbagi Bingkisan