Samarinda, NAWACITAPOST – Samarinda. Dalam rangka Persiapan Remisi Natal Tahun 2021 dan menyambut Tahun Baru 2022, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalimantan Timur (Jumadi) memberikan Pengarahan kepada seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan se-Kaltimtara beserta Jajaran secara virtual pada hari Selasa, 21 Desember 2021 Pukul 15.00 Wita bertempat di Lapas Kelas IIA Balikpapan.

Dalam arahannya, Kepala Divisi Pemasyarakatan menyampaikan 3 poin utama yakni :

1. Deteksi Dini terkait Perayaan Natal dan Tahun Baru untuk mencegah gangguan Keamanan dan Ketertiban, Ka UPT agar memberikan penguatan kepada jajaran, memastikan keadaan di Lapas/ Rutan dalam keadaan aman dan kondusif.
2. Persiapkan Remisi Natal, kegiatan dipusatkan di salah satu UPT, buat Siaran Pers untuk awak media.
3. Persiapkan Lelang Bama agar pelaksanaan berjalan baik. Tim Lelang pastikan tanggal 1 Januari 2022 Bahan Makanan sudah bisa dinikmati oleh Warga Binaan Pemasyarakatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Kepala UPT terkait kondisi terkini, persiapan Natal dan tahun baru dimasing-masing wilayah kerjanya.

Dalam hal ini Kepala Lapas Kelas IIA Samarinda (Moh. Ilham Agung Setyawan) menyampaikan bahwa saat ini Lapas Samarinda dalam keadaan aman dan kondusif, dengan jumlah Warga Binaan per 21 Desember 2021 sebanyak 807 Orang. Anggaran yang terserap hingga saat ini adalah sebesar 96,85 %. SK Pokmil BAMA telah diterima dan telah ditindaklanjuti.

Dalam rangka Deteksi Dini Lapas Kelas IIA Samarinda melaksanakan :
– Penggeledahan rutin dan insidentil sebanyak 3 kali dalam 1 minggu
– Pengecekan Sarana Prasarana Keamanan
– Pemeliharaan Senjata
– Pengiriman dan Penerimaan WBP

Selama Tahun 2021 telah dilaksanakan 11 Kegiatan Pembinaan Keterampilan Kemandirian, masing-masing kegiatan diikuti oleh 20 orang WBP dan telah menerima Sertifikat.

Baca juga :  Pegawai Kemenkumham Sulsel Ikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Terkait Persiapan Remisi Natal telah diusulkan 30 orang WBP Lapas Kelas IIA Samarinda untuk menerima Remisi Natal Tahun 2021. Jajaran Lapas Kelas IIA Samarinda akan mengimplementasikan arahan Kadivpas dan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi sesuai Arahan Menteri Hukum dan HAM.

Simak informasi menarik lainnya di Youtube NAWACITA TV 

YouTube player