Sampit, NAWACITAPOST – Hari Bela Negara yang diperingati setiap tanggal 19 Desember merupakan peringatan yang bersumber dari deklarasi Pemerintah Darurat Republik Indonesia. Untuk mengenang peristiwa bersejarah yang terjadi demi mempertahankan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka pemerintah menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Bela Negara.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit mengikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-73 mengusung Tema “Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, Senin (20/12/21). Dengan tema tersebut diharapkan dapat menyadarkan kita untuk memiliki rasa rela berkorban demi bangsa dan negara, dan tetap tumbuh bersama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia Maju. Giat tersebut dipimpin langsung Kepala Kantor (Bugie Kurniawan) dan diikuti seluruh jajaran pegawai Imigrasi Sampit.

Baca Juga : Kakanwil Kumham Sulsel Ikuti Evaluasi Pelaksanaan RB Tahun 2021

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Kantor Imigrasi Sampit, Bugie Kurniawan membacakan amanat Presiden Pada Peringatan Hari Bela Negara 2021. Dalam amanat tersebut ditekankan bahwa “Dengan semangat Bela Negara. Kobaran semangat untuk cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan negara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, serta rela berkorban untuk bangsa dan negara tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat yang lainnya. Sejarah telah membuktikan bahwa negara Indonesia dibentuk oleh seluruh komponen Bangsa “.

Di akhir upacara, Bugie Kurniawan mengajak seluruh pegawai Imigrasi Sampit agar memiliki Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi sebagai insan imigrasi yang memiliki semboyan ‘‘Bumi Pura Wira Wibawa’’.Pelaksanaan Upacara yang masih berlangsung di tengah pandemi diharapkan menjadi poin penting untuk mengingat kembali momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat bela negara. Selamat Hari Bela Negara ke 73 Tahun 2021.

Baca juga :  Karutan Kelas IIB Natal Kanwil Kemenkumham Sumut, Ikuti RAKERNIS Pemasyarakatan Tahun 2021 Secara Virtual

Simak informasi menarik liannya di youtube NAWACITA TV 

YouTube player