Surabaya NAWACITAPOST – Lentera Today Media memberikan apresiasi pada 15 Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kepala Daerah yang mampu memberikan inspirasi pada masyarakat melalui menganugrahkan ‘IDEA 2021 (Innovation & Digital Enthusiast Award)’. Penganugrahan dalam bidang digital tersebut dilaksanakan di Dyandra Convention Center Surabaya, Minggu (5/12/2021) malam.

Di antara yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut yaitu Wakil Wali Kota Surabaya Armuji kategori Wakil Wali Kota Terdigital; Wakil Bupati Jombang Sumrambah kategori Wakil Bupati Terdigital; Bupati Lumajang Thoriqul Haq kategori Bupati Terdigital; kemudian, Kota Surabaya kategori Pemerintah Daerah Terdigital.

Selanjutnya adalah Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso kategori Tokoh Inspirasi Perubahan Bidang Ekonomi; Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil kategori Kepala Daerah Teresponsif dalam Penanganan Pandemi Covid-19; Kabupaten Pasuruan kategori Pemerintah Daerah Terinovatif dalam Penanganan Pandemi Covid-19; Kabupaten Nganjuk kategori Inspirasi Perubahan bidang Inovasi Digital Pelayanan Public.

Kemudian, Pemkab Lamongan kategori Inspirasi Perubahan bidang Literasi Digital; Pemkab Jember kategori Inspirasi Perubahan bidang Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan; Pemkot Batu untuk kategori Inspirasi Perubahan bidang Digitalisasi Desa; serta Pemkot Malang kategori Inspirasi Perubahan bidang Teknologi dan Komunikasi.

IDEA 2021 juga memberikan achievement pada tiga Gubernur sebagai pemimpin inspirasi perubahan. Ketiga Gubernur tersebut yaitu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil.

Direktur Lentera Today Media, Tarmuji Talmacsi, mengungkapkan kebahagiaannya karena sebagai wadah anak-anak muda Lentera Media mendapat dukungan untuk mewujudkan mottonya yaitu ‘inspirasi Perubahan’.

“Terimakasih atas kehadiran semua pihak. Ini menjadi salah satu pencapaian besar kami. Mendapat dukungan berbagai pihak untuk menjadi Inspirasi Perubahan. Dengan perkembangan saat ini, peran teknologi digital sangat penting. Termasuk untuk keterbukaan informasi kepada rakyat hingga memudahkan pelayanan bagi masyarakat,” tuturnya.

Baca juga :  Akan Adakan Kegiatan Besar Di Sumut, Kakanwil Sumut Terima Audiensi Direktur Hak Cipta Dan Desain Industri

Wakil Walikota Surabaya Armuji yang menghadiri langsung penganugerahan penghargaan tersebut menyampaikan terimakasih atas apresiasi terhadap kinerja melayani masyarakat.

” Tentu kita semua memahami bahwa kemajuan teknologi dan informasi tidak terhindarkan sehingga kita harus dapat adaptif terhadap gelombang kemajuan tersebut,” ujar Cak Ji

Dirinya juga menyampaikan bahwa keterbatasan menyapa warga Surabaya yang begitu luas dapat terbantu dengan hadirnya pelbagai media digital seperti YouTube , Instagram , Facebook dan Tiktok. Menurutnya itu sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

” Kita bekerja dan kita tunjukkan pada masyarakat secara akuntabel serta transparan , tidak ada yang ditutupi sehingga saat masyarakat terbangun “Trust” dan mau gotong royong pemerintah kota Surabaya lebih ringan kerjanya,” tegas Armuji mantan ketua DPRD kota Surabaya dua periode.

Ia juga menambahkan justru sering mendapatkan masukan – masukan terkait pelayanan publik dan pembangunan secara langsung dari Media sosial , sehingga bisa mengambil langkah secepatnya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

” Melalui media sosial juga tidak ada batasannya , bisa kita mendapat informasi tanpa birokrasi yang jelimet langsung dari warga,” imbuhnya. (BNW)