Waspada Diabetes dan Kolesterol, Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut Rutin Gelar Skrining Kesehatan WBP

0
108

Padangsidimpuan, NAWACITAPOST.COM – Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Diabetes, Obesitas, dan Kolesterol kerap kali menyerang warga binaan pemasyarakatan (WBP). Kurangnya aktivitas fisik dan ruang lingkup yang terbatas membuat imun warga binaan rentan terkena berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Rutan Kelas IIB Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut Deteksi Dini Gangguan Kamtib

Menyikapi hal tersebut, Lapas Kelapas IIB Padangsidimpuan bekerja sama dengan Puskesmas Pijorkoling kembali mengadakan skrining atau pemeriksaan dini kepada WBP di Lapas Padangsidimpuan. Sabtu, (04/12/21).

Tak bisa dipungkiri, pemeriksaan kesehatan sangatlah penting bagi setiap orang. Dengan mendeteksi lebih awal maka penanganan terhadap penyakit pun dapat dengan cepat ditangani.

Pemeriksaan diikuti oleh 100 orang Warga binaan yang langsung ditangani Tim medis yang diawali dengan pengukuran berat badan, lingkar pinggang, tensi, dan cek gula darah serta cek kolesterol.

Pelaksanaan Skrining pun disambut baik oleh Kalapas Padangsidimpuan, Indra Kesuma, yang juga ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Ia berterima kasih kepada Puskesmas Pijorkoling beserta Tim Medis yang telah memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan.

“Semoga momen terbaik ini bisa dimanfaatkan oleh warga binaan dan kerja sama antara Lapas dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Pijorkoling dapat berjalan dengan baik,” Ujar Kalapas Indra Kesuma.

Kedepannya, Skrining akan rutin dilakukan mengingat terus bergantinya Warga Binaan yang berada di Lapas Padangsidimpuan.

(Humas Lapasid)