Blitar, NAWACITAPOSTGreen Place of Wiroyudhan (GPW) Kota Blitar beserta Generasi Muda Pegiat Lingkungan Kelurahan Kepanjenlor Kecamatan Kepanjen Kidul diakhir penghujung tahun 2021 melaksanakan Kegiatan Serempak Peduli Lingkungan ( KESPEL ) penanaman lubang Biopori, Kamis 2/12/2021.

Ketua Generasi Muda Pegiat Lingkungan Bayu Kurniawan mengatakan, pada akhir tahun 2021 GPW bersama Generasi Muda Pegiat Lingkungan Kepanjenlor melaksanakan KESPEL untuk penanaman Biopori diseluruh wilayah Kelurahan Kepanjenlor Kota Blitar.

“Pada tahun 2020 lalu sebanyak 300 buah Biopori sudah dipasang secara merata seputar RW 04 Kelurahan Kepanjenlor Kecamatan Kepanjen Kidul,”tuturnya.

Menurut Bayu Kurniawan, lubang resapan biopori adalah teknologi sederhana yang tepat guna dan ramah lingkungan. Lubang biopori ini mampu meningkatkan daya resap air hujan ke dalam tanah sehingga mampu mengurasi resiko banjir akibat meluapnya air hujan. Selain itu, teknologi ini juga mampu meningkatkan jumlah cadangan air bersih di dalam tanah.

Pada akhir tahun 2021 melalui Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kota Blitar agar pelaksanaan penanaman lubang Biopori 205 buah segera dipasang.

Dalam progress terkini sudah terpasang kurang lebih dari 100 buah penanaman lubang Biopori terpasang di seluruh wilayah Kelurahan Kepanjenlor,”katanya.

Lebih lanjut Bayu menyampaikan, penanaman BIOPORI sangat berguna bagi kelangsungan meresapnya air hujan kedalam tanah sebagai bagian dari Konservasi kelangsungan ketersediaan Air Tanah.

Bayu berharap, dengan penamanan lubang Biopori memberikan cadangan air dalam tanah atau air dalam sumur setiap warga di seluruh wilayah Kelurahan Kepanjenlor , Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar,”pungkasnya.

(FM)

Baca juga :  KOMANDAN POM LANTAMAL V TURUT SERTA DALAM KEGIATAN OPSGAKTIB DAN YUSTISI DIBEBERAPA TEMPAT HIBURAN DI SURABAYA