Wakil Walikota Padangsidimpuan Resmikan Program Kelompok Belajar Kesetaraan di Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut

0
112

Padangsidimpuan, NAWACITAPOST.COM  – Dalam rangka mendukung program Kementerian, Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan sebagai satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM siap mewujudkan cita-cita Negara dalam bidang pendidikan, salah satunya melaksanakan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan, yaitu dengan menggelar Launching Program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C serta penandatanganan MoU, yang juga secara langsung diresmikan oleh Wakil Walikota Padangsidimpuan, Ir. H. Arwin Siregar, Selasa (30/11/21).

Baca Juga : Lapas Kelas III Kotanopan Kanwil Kemenkumham Sumut, Berikan Pelayanan Prima Terhadap WBP Yang Sakit

Pada kesempatan tersebut turut hadir, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan Drs. Sahiddin Batubara, Kepala Bidang PAUDPNF Elida Tuti Nasution, SH, Kepala Sanggar Kelompok Belajar (SKB) Linda Sari Harahap, S.Pd beserta para tutor Bidang PAUDPNF Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan.

Kegiatan diawali dengan penyambutan para undangan oleh pasukan penghormatan dari PRAMUKA dan Iringan Nasyid Qasidah, yang berasal dari para warga binaan yang tergabung dalam program pembinaan kemandirian dan kepribadian dibawah bimbingan Kasubsi Registrasi dan Bimkemas, Muslihul Hayat Harahap, A.Md, SE.

Kalapas Padangsidimpuan, Indra Kesuma, A.Md.IP., SH., MH, dalam sambutannya mengatakan bahwa Lapas hadir membawa amanah penting dari negara untuk mendidik dan mengayomi para warga binaan dengan aspek sosial, psikologi dan dengan pendekatan persuasif.

“Lapas Padangsidimpuan bertekad menyukseskan amanah negara dalam bidang pendidikan dengan mengentaskan pendidikan bagi para warga binaan lapas agar mereka tetap mendapatkan haknya dalam mengenyam ilmu pendidikan. Semoga program tersebut diharapkan mampu menjadi lentera dalam perjalanan hidup dan mampu membawa semangat positif para warga binaan untuk tetap mendapatkan hak pendidikan, serta mampu memberi pelajaran serta membawa pesan penting bahwa lapas kini menjadi wadah pembinaan dengan berbagai program yang bertujuan sebagai bekal life skill ketika mereka kembali ke masyarakat nantinya, tegas Kalapas Indra Kesuma.

Drs. Sahiddin Batubara, mewakili Kepala Dinas Pendidikan dalam arahannya menyampaikan bahwa Pendidikan Kesetaraan (Kejar Paket A, Kejar Paket B dan Kejar Paket C) adalah program pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan umum program paket A setara SD/MI, paket B setara SMP/MTs, dan Paket C setara SMA/MA.

“Kegiatan Pembelajaran Program Paket A, Paket B, dan Paket C dilakukan melalui pendekatan tutorial, belajar kelompok, dan belajar mandiri dengan menggunakan bahan belajar yang sesuai. Salah satu bahan belajar berupa modul yang menerapkan prinsip ketuntasan belajar dan maju berkelanjutan,” Ucap Sekretaris Dinas Pendidikan.

Sementara itu, Wakil Walikota Padangsidimpuan, Ir. H. Arwin Siregar menyampaikan dalam bimbingannya, setiap warga negara berhak atas pendidikan, maka dari itu kita semua hadir disini sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan hak pendidikan bagi warga binaan.

“Kita semua hadir disini sebagai wujud dukungan atas setiap program pemerintah sebagai perpanjangan tangan yang bertujuan agar tetap hadir memberikan hak atas pendidikan kepada para warga binaan sekalian, Ucap Wakil Walikota.

Ir. H. Arwin Siregar juga menegaskan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, kita semua adalah keluarga, harus saling mengisi dan saling membantu serta membangun harmonisasi, kerjasama, sinergitas dan kolaborasi serta kompak dalam menjalankan tugas dan fungsi. Wakil Walikota juga mengapresiasi kelompok Nasyid Lapas yang telah menyambut kedatangan para undangan dengan lantunan nada qasidah.

Seusai kegiatan, Wakil Walikota menyempatkan diri bertegur sapa dengan para warga binaan. Beliau menyampaikan jangan pernah sesali perjalanan hidup hingga kita sampai disini, ini semua merupakan pelajaran bermakna yang dapat diambil agar setelah bebas tidak kembali ke tempat ini.

Ir. H. Arwin Siregar juga memberikan apresiasi kepada Lapas Padangsidimpuan yang kini semakin humanis dan nyaman dengan berbagai inovasi yang telah dilaksanakan, seperti terdapatnya Layanan Terpadu Satu Pintu, Ruang Tunggu yang nyaman, Taman Bermain Ramah Anak serta berbagai inovasi lainnya.

(Humas Lapasid)