Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb Gelar Pertemuan dan Ramah Tamah Dalam Rangka Pererat Silaturahmi

0
116
Ikatan Keluarga Nias, Sumatera Utara, Yang Ada Di Wilayah Barlingmascakeb Adakan Ibadah Bersama Sekaligus Temu Kangen Untuk Pererat Jalinan Silaturahmi, Bertempat Di Joglo Pertemuan Desa Wisata Pagak, Purwareja Klampok, Banjarnegara, Pada Minggu 28 November 2021.

Banjarnegara, NAWACITAPOST – Ikatan Keluarga Nias, Sumatera Utara yang ada di wilayah Barlingmascakeb adakan ibadah bersama sekaligus temu kangen untuk pererat jalinan silaturahmi. Acara ibadah bersama tersebut sekaligus sebagai wadah temu kangen Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb yang berlangsung di Joglo Pertemuan Desa Wisata Pagak, Purwareja Klampok, Banjarnegara, pada Minggu 28 November 2021.

Ikatan Keluarga Nias, Sumatera Utara, Yang Ada Di Wilayah Barlingmascakeb Adakan Ibadah Bersama Sekaligus Temu Kangen Untuk Pererat Jalinan Silaturahmi, Bertempat Di Joglo Pertemuan Desa Wisata Pagak, Purwareja Klampok, Banjarnegara, Pada Minggu 28 November 2021.

Para pertemuan yang berlangsung tersebut, dihadiri sekira 60 orang dari keluarga Nias yang tersebar di wilayah Barlingmacakeb, (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kabumen) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pertemuan dengan tata acara kegiatan yang telah dipersiapkan oleh tuan rumah atau keluarga pelaksana kegiatan dalam hal ini oleh keluarga Yasozisokhi Zebua, SH yang saat ini sebagai Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejaksaan Negeri Banjarnegara yang lokasi pertemuan Ikatan Keluarga Nias saat ini sengaja memilih lokasi Desa Wisata Pagak Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara selain tempatnya bagus juga lebih dekat dari wilayah wilayah perbatasan Barlingmascakeb.

Keluarga Yasozisokhi Zebua, SH Yang Saat Ini Sebagai Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejaksaan Negeri Banjarnegara, Sebagai Tuan Rumah Pada Pertemuan Ikatan Keluarga Nias, Sumatera Utara, Yang Ada Di Wilayah Barlingmascakeb Adakan Ibadah Bersama Sekaligus Temu Kangen Untuk Pererat Jalinan Silaturahmi, Bertempat Di Joglo Pertemuan Desa Wisata Pagak, Purwareja Klampok, Banjarnegara, Pada Minggu 28 November 2021.

Pada pertemuan selain kegiatan ibadah bersama, Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb juga turut menggelar Tari Maena bersama yang merupakan tarian asal Pulau Nias serta melaksanakan pemeriksaan kesehatan dari RSI (Rumah Sakit Islam) Banjarnegara yang telah dipersiapkan tuan rumah selaku pelaksana kegiatan.

Yasozisokhi Zebua, SH. selaku tuan rumah menjelaskan bahwa Tarian Maena ini adalah merupakan tarian yang biasa dilakukan dalam setiap acara pertemuan atau acara acara penting seperti acara adat termasuk adat pernikahan, atau menyambut tamu kehormatan. Kemudian Hadi Purwanto bersama istri asal nias Rita Zendrato, yang telah lama merantau kini tinggal di Purwokerto, menambahkah tari maena juga sebagai ajang mengakrabkan sesama nias bagi orang nias diperantauan.

Selain Tarian Maena, lagu-lagu Nias juga turut dilantunkan oleh peserta temu kangen Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb, agar kecintaan akan daerah asal tak pudar dan selalu rindu akan kampung halamannya dan tidak melupakan tanah kelahirannya. Termasuk lagu Tano Niha yang wajib dinyanyikan dalam setiap pertemuan, ujar Hendra Mendrofa selaku Ketua Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb.

Masih ditempat kegiatan Ferny Wati Lase yang juga Atlet Tinju Perempuan asal Nias suami asal Flores yang bertugas di Kodim Banyumas, mengaku sudah sejak 17 tahun lalu merantau dari Nias, dan kini tinggal di Wangon Banyumas, serta Rintis Tafonao, SH selaku Advokad / Pengacara di Cilacap yang menurut keduanya bahwa ajang temu kangen sesama warna Nias ini, dapat mempererat silaturahmi perantau asal Nias yang berada di perantauan khususnya Ikatan Keluarga Nias di wilayah Barlingmascakeb ini sehingga dapat selalu menjalin komunikasi dan silaturahmi.

Dalam pertemuan, Fatofa Hia persiunan TNI terakhir menjabat selaku Wakil Danramil Mandiraja Kodim Banjarnegara selaku penasehat Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb yang kini berdomisili di Purbalingga bersama Sanubari Hia yang berdomisi di Purwokero dan Lius M Sarumaha yang berdomisili di Kebumen yang turut hadir juga memberikan kata kata pengarahan dan mengharapakan seluruh warga nias yang telah bergabung dalam Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb dapat selalu menjaga hubungan persaudaraan sehingga komunikasi dan silaturahmi dapat tetap terjalin, mengakhiri pengarahannya menyampaikan terimakasih kepada keluarga bapak Yas Zebua selaku tuan rumah yang telah menyiapkan segala sesuatu hingga pertemuan ini telah terlaksana dengan baik dan dengan luar biasa.