Tanam 1000 pohon di Welirang, Kencana Group ajak Masyarakat Sadar dan Peduli terhadap Lingkungan

0
88

Pasuruan NAWACITAPOST – Hari menanam pohon se-Indonesia diperingati pada 28 November setiap tahunnya, hal ini didasari Keputusan Presiden RI nomor 24 tahun 2008, peringatan ini bermaksud untuk memberikan kesadaran serta kepedulian masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan penanaman pohon.

Kencana Group sebagai pelopor industri baja ringan di Nusantara tergerak untuk melakukan giat penanaman pohon demi mendukung program pemerintah, dalam membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Untuk pertama kalinya, Kencana Group dan manajemen turun lapangan berkolaborasi dengan Yayasan Grojogan Sewu Pecalukan, Perum Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) untuk melakukan penanaman bibit pohon secara langsung.

Pada kesempatan itu, Perwakilan dari manajemen menanam pohon dan menyerahkan 1000 bibit secara simbolis pada Sabtu, 27 November 2021, kemarin.

Giat penanaman ini berlokasi di kaki gunung Welirang, Semeru, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, tepatnya di Petak 53c Perhutani, Bumi Perkemahan Kakek Bodo, Prigen.

Sambutan yang diselenggarakan di Kedai Lalie Djiwo juga merupakan titik kumpul awal giat penanaman ini. Bibit pohon yang akan ditanam kali ini yaitu bibit pohon cemara gunung, sesuai dengan jenis tanaman yang cocok di lokasi penanaman yaitu di ketinggian 1700 Mdpl.

Henry Setiawan selaku Presiden Direktur dari Kencana Group mengharapkan giat penanaman ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi dampak isu lingkungan.

” Seperti kita ketahui, dalam beberapa tahun belakangan ini sering terjadi bencana alam akibat penggundulan hutan secara liar. Maka dari itu kegiatan ini sebagai wujud kontribusi yang harapannya dapat menjadikan Indonesia kembali hijau dan keseimbangan ekosistem tetap terjaga,” tuturnya. (BNW)