Jakarta, NAWACITAPOSTPlt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Iwan Santoso melakukan audiensi ke Kantor Bupati Pringsewu, yang disambut langsung oleh Bupati Pringsewu, Sujadi beserta jajaran Pemerintah Daerah Pringsewu, Jum’at (26/11/2021).

Kedatangan Iwan Santoso Bersama dengan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Pringsewu, Prayuda Rachmadany ini merupakan ajang silaturahmi sekaligus membahas tentang Permohonana lahan untuk pembangunan Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pemasyarakatan di Area Kabupaten Pringsewu.

Pertemuan itu bertujuan untuk memudahkan mobilitasi dan sinergitas Aparat Penegak Hukum (APH) yang berada di Wilayah Kabupaten Pringsewu.

Sebagaimana diketahui Kementerian Hukum dan HAM terus menyukseskan Pemasyarakatan maju yakni dengan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan narkoba dengan membangun sinergitas antar aparat penegak hukum dimana poin ketiga ini menjadi materi utama yang disampaikan.

Sinergi itu dapat dibentuk dengan SPPT TI yakni Sistem Berbasis Teknologi Informasi Yang Mengintegrasikan Sistem Databse di Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, dan Ditjen Pemasyarakatan dalam rangka Pertukaran Data Proses Penanganan Perkara Pidana, di mana salah satu peran Pemasyarakatan dalam melakukan pertukaran data pemberitahuan masa habis tahanan dan pemberitahuan narapidana bebas, dan pertukaran tahanan kepada pihak terkait seperti Kepolisian dan Kejaksaan.

Simak informasi menarik lainnya di youtube NAWACITA TV 

YouTube player
Baca juga :  Akreditasi Pemberi Bantuan Hukum Kanwil Kemenkumham Kalbar dan Badan Pembinaan Hukum Nasional