Perkuat Keamanan dan Ketertiban, Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut Lakukan Perawatan dan Rolling Gembok Hunian

0
87

Padangsidimpuan, NAWACITAPOST.COM – Guna mendeteksi segala gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib), Kalapas Padangsidimpuan, Indra Kesuma, A.Md.IP., SH., MH menginstruksikan jajaran Kasi Adm. Kamtib dan Ka. KPLP lakukan kontrol keliling, perawatan rutin gembok, dan rolling gembok kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (25/11/21).

Baca Juga : Antisipasi Gangguan Kamtib, Petugas Lapas Kelas IIB Panyabungan Kanwil Kemenkumham Sumut Kembali Lakukan Deteksi Dini

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Jafar Ahmad, selaku Kasi Adm. Kamtib dan Ka. KPLP, Jomboy, bersama jajarannya sebagai langkah deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib).

Jafar Ahmad mengatakan, sebanyak 55 gembok kamar hunian di-rolling dan diperiksa kelayakannya. “Ada sekitar 55 gembok kamar hunian di-rolling dan sebelum digunakan kembali, dilakukan pengecekan terhadap kelayakan gembok, seperti memastikan tidak ada gembok yang rusak dan tidak layak pakai,” Ucap Jafar Ahmad.

Sementara itu Ka. KPLP, Jomboy menegaskan Rolling ini merupakan rutinitas tiap bulannya guna mendeteksi gangguan kamtib. “Rolling gembok kamar hunian ini merupakan kegiatan rutin secara berkala yang kami laksanakan guna deteksi dini gangguan kamtib,” ungkap Jomboy.

Di tempat berbeda, Kalapas Padangsidimpuan, Indra Kesuma menegaskan pentingnya melakukan deteksi dini gangguan kamtib karena kita tidak pernah tahu apa yang sedang dipikirkan WBP di dalam blok hunian dan untuk mencegah penduplikatan kunci oleh WBP.

“Berbagai upaya, seperti rutin razia kamar hunian, rolling, dan perawat gembok, perawatan senjata, kontrol keliling lapas terus ditingkatkan guna mencegah timbulnya gangguan kamtib dan untuk mencegah penduplikatan kunci oleh WBP. Semoga Lapas Padangsidimpuan selalu dalam keadaan aman dan terkendali,” harap Kalapas Indra Kesuma.

(Humas Lapasid)