Pemkot Blitar Segera Salurkan BLT Bagi Pekerja Pabrik Rokok

0
73

Blitar, NAWACITAPOSTPemerintah Kota (Pemkot ) Blitar segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pekerja atau buruh pabrik rokok yang dananya bersumber dari DBHCHT 2021.

Meskipun penyaluran bantuan khusus untuk pekerja pabrik rokok itu baru pertama kalinya, namun diharapkan dapat menjadi pondasi/dasar penyaluran di tahun berikutnya.

Sekretaris Koordinator DBHCHT Bagian Perekonomian Kota Blitar, Hery Setyobudi mengatakan, kami telah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait soal pendistribusian BLT tersebut dan memastikannya bisa tersalurkan pada Desember 2021 ini.

“Hari ini, kita mengundang 3 orang perwakilan dari pabrik rokok di Kota Blitar yakni Apache, Bokormas dan Pura Angkasa. Kemudian dari Kecamatan, Disperindag, Disnaker, Diskominfotik, BPKAD dan Bappeda,” terang Hery, Jum’at (19/11/2021)

Lanjutnya, ada sebanyak 501 buruh dari ke tiga pabrik rokok yang akan menerima BLT yang bersumber dari DBHCHT tahun ini yang akan menerima bantuan sebesar 300 ribu per bulan terhitung Mei hingga Desember 2021 dan akan dibagikan di akhir tahun.

“Kami mengakui, penyaluran BLT ini masih jauh dari sempurna akan tetapi nantinya akan menjadi pijakan di tahun selanjutnya agar lebih baik. Untuk itu kami akan menerima kritikan sebagai masukan,” ujarnya.

Masih kata Hery, BLT Cukai ini masih perdana. Dari validasi data, sementara sasaran penerima 501 pekerja yang diketahui di menit akhir bulan ini

“Insya Allah tahun depan penyalurannya akan semakin bagus. Baik dari sisi pelayanan Bank Artha Praja selaku penyalur untuk merumuskan teknis pendistribusiannya ke pekerja pabrik rokok yang akan dibantu pihak Kecamatan dan Kelurahan setempat,” sambungnya.

“Tahun depan merupakan tahun pertama penerapan RPJMD yang salah satu Sapta Programnya adalah Blitar melayani. Pemkot Blitar bisa membantu pembagian BLT ke rumah penerima sehingga BLT dari DBHCHT itu benar-benar bermanfaat,” pungkas Hery.

(Adv/FM)