Nias Selatan, NAWACITAPOSTTepat kemarin, 10 November TNI AL Lanal Nias bersama Forkompinda melaksanakan upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional yang bertempat di lapangan apel kantor Bupati Nias Selatan,Jln arah Lagundri KM 5 Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan.

Adapun susunan pasukan Upacara terdiri 1 pleton Koramil 12/Telukdalam, 1 pleton Lanal Nias,1 pleton Polres Nias Selatan, 3 pleton ASN Kabupaten Nias Selatan, 1 pleton Paduan Suara SMA 1 Telukdalam.

Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo bertindak sebagai Inspektur dan Komandan upacara Pjs. Paset Lanal Nias Lettu Laut (KH) Albertus Heru Asmoro,” Rabu (10/11/2021).

Hadir pada upacara tersebut,Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, Kapolres Nias Selatan diwakili Kabag Ops Polres Nias Selatan,Kompol Juny H. Situmorang, Danramil 12/Telukdalam Mayor Inf Hatianus Zega, Kajari Nias Selatan diwakili Kasi Intel Kejari Nias Selatan Satria Dharma Putra Zebua,Perwira staf Lanal Nias, Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab II DJA I Ny. Sionita Antonius Hendro Prasetyo, para Asisten dan OPD Kabupaten Nias Selatan, Ibu Bhayangkari Polres Nias Selatan.

Adapun susunan pasukan Upacara terdiri 1 pleton Koramil 12/Telukdalam, 1 pleton Lanal Nias,1 pleton Polres Nias Selatan, 3 pleton ASN Kabupaten Nias Selatan, 1 pleton Paduan Suara SMA 1 Telukdalam.

Mengutip amanat yang di bacakan Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo pada upacara Memperingati Hari Pahlawan tersebut menyampaikan, Para pahlawan kita dengan gagah berani memilih melawan bombardir dari kapal perang dan pesawat tempur serta tank dan senjata canggih lainnya walau terkadang hanya dengan bambu runcing dan keyakinan yang tinggi untuk mempertahankan kemerdekaan, yang berbalut semboyan merdeka atau mati, jiwa persatuan yang tidak menanyakan asal-usul dan semangat pantang menyerah inilah yang harus kita resapi dan lestarikan sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman apapun. Kita adalah anak dan cucu kandung para pahlawan bangsa.

Baca juga :  Peringatan Hari Pahlawan, Ini Sikap Politis Gerindra Surabaya

Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “Mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema hari pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”

Upacara selesai berjalan dengan  lancar, seluruh peserta yang mengikuti acara tersebut dengan mematuhi protokoler kesehatan.

(ED)