Surabaya NAWACITAPOST – Wakil Walikota Armuji mengunjungi UPTD Griya Werda di kecamatan Jambangan.

Kunjungan Armuji bertujuan meninjau fasilitas layanan pada lansia , ia juga menyempatkan berdialog dengan beberapa lansia.

Griya Werda yang menampung 159 Lansia ini, dibawah pengelolaan Dinas Sosial Kota Surabaya untuk memberikan layanan bagi lansia yang ditelantarkan keluarganya atau sudah tidak memiliki sanak saudara.

Cak Ji, sapaan Wakil Wali kota melihat berbagai macam kegiatan untuk mengisi aktivitas lansia penghuni Griya Werdha. Diantaranya olahraga rutin , latihan Hadrah, permainan untuk meningkatkan kapasitas ingatan, Karambol, halma hingga dakon.

” Ayo Mbah apa masih ingat lagi indonesia Raya, mari kita nyanyikan bersama,” ajak Armuji saat berdialog dengan penghuni Griya Wreda, Jumat 5 November 2021.

Sri Kusnaeni lansia berusia 76 tahun dengan fasih menyanyikan Indonesia Raya diiringi Harmonika yang dimainkan Mbah Gusti berusia 75 tahun.

” Hebat , Mbah presiden pertama Indonesia sinten ? ” Tanya Cak ji pada Sri Kusnaeni

” Pak Karno (Ir.Sukarno),” jawab Sri Kusnaeni.

Karena mampu menjawab dengan tepat Wakil Walikota Surabaya itu memberikan buah dan aroma terapi sebagai oleh – oleh bagi lansia tersebut.

Masih di Griya Werdha, Armuji mendatangi sejumlah lansia yang bermain Karambol dan turut andil dalam permainan tersebut.

” Mbah Saiki wayahku sing gasak , seneng ya Mbah tinggal disini ? ” , Pungkas Armuji

” What is your Name ? ” Jawab Mbah Bambang (78 tahun) yang menggunakan bahasa Inggris disambut gelak tawa Armuji dan pendamping lansia

Setelah bermain Karambol dirinya sempat mendengarkan Curhatan Mbah ming 65 tahun yang dibuang keluarganya karena sakit – sakitan dan tidak bisa bekerja.

” Mbah enak disini , akan dirawat dengan baik , makanan terjamin serta banyak temannya Mbah, ” timpal Cak Ji

Baca juga :  Peduli Kesehatan Warga Binaan, Lapas Kelas III Kotanopan Kanwil Kemenkumham Sumut Laksanakan Giat Kebersihan Blok Hunian

Wakil Walikota Armuji menegaskan bahwa Pemerintah Kota Surabaya senantiasa hadir untuk memberikan pelayanan bagi seluruh warganya tanpa perbedaan. Melalui griya Werda lansia diharapkan dapat meningkatkan angka harapan hidup bagi lansia Surabaya selain melakukan pendampingan.

” Saya ingin pelayanan bagi lansia ditingkatkan sehingga mereka semua senang dan nyaman, kami pertimbangkan untuk ditambah kapasitasnya apabila diperlukan,” tandasnya. (BNW)