Bersama Perayaan Maulid, Kita Bangkitkan Semangat Berbuat Baik

0
128
Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Kanwil Kemenkumham NTB

Selong, NAWACITAPOST – Perayaan maulid sudah menjadi rutinitas tahunan umat Islam di berbagai belahan dunia sebagai bentuk penghormatan dan pengingat atas peristiwa kelahiran dan keteladanan Baginda Nabi Muhammad Saw. Dengan berbagai bentuk kegiatan budaya dan ritual keagaamaan yang diselenggarakan menjadi momentum untuk menyatukan semangat dan gairah ke Islaman.

Begitu juga dengan perayaan maulid Nabi Muhammad Saw yang berlangsung di Aula Lapas Kelas IIB Selong Kanwil Kemenkumham NTB pagi ini, Para petugas dan warga binaan pemasyarakatan Lapas mengisi kegiatan tersebut dengan mendengar ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Nasrullah terkait kisah dan keteladanan Rasul Muhammad Saw yang begitu mencintai ummat nya, Selasa (02/11/2021).

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Ka. Lapas Kelas IIB Selong Kanwil Kemenkumham NTB, Purniawal yang mengungkapkan bahwa peringatan maulid ini adalah salah satu bentuk cinta kita kepada Nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita dari kegelapan menuju cahaya yang benderang atau lebih kita kenal dengan minazzulumaati ilaannuur.

“Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kita kepada Baginda Nabi Muhammad Saw. Selain dengan bersholawat dan mengikuti sunnahnya, salah satunya juga dengan perayaan maulid ini yang mengingatkan kita akan peristiwa kelahiran serta keteladanan beliau,” ungkap Purniawal.

Selanjutnya Ustadz Nasrullah memulai ceramahnya dengan mengingatkan kembali akan kisah Rasulullah Saw yang begitu mulia mencintai ummatnya, yang selalu berdoa untuk seluruh ummatnya agar dimasukkan ke dalam syurga, bahkan yang sampai akhir hayatnya hanya memikirkan ummatnya dengan lisan “ummatii ummatii ummatii”.

Pada kesempatan tersebut, Ustadz Nasrullah berpesan kepada seluruh jamaah agar senantiasa meneladani sikap dan perilaku Rasulullah Saw. Khususnya bagi warga binaan agar terus berupaya untuk memperbaiki diri di Lapas dan selalu meningkatkan ibadah.

“Jangan pedulikan perkataan orang lain yang selalu menganggap kita salah, yang penting kita sudah bertaubat dan berjanji tidak akan pernah mengulanginya lagi. Ketika kita telah bersungguh-sungguh untuk bertaubat namun masih banyak yang menganggap kita di jalan yang salah maka kita harus bersyukur, karena bisa jadi itu adalah jalan Allah untuk mengurangi dosa-dosa kita di masa lalu”, ungkapnya.

“Syukuri apa yang ada hidup adalah anugerah, tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaik” merupakan lirik lagu yang diucapkan ustadz Nasrullah untuk menghibur dan memberikan semangat kepada jamaah ta’lim yang ada di Lapas Selong Kanwil Kemenkumham NTB. “Terkadang hidup kita dipenuhi oleh banyak masalah, namun percayalah bahwa apa yang kita alami adalah takdir terbaik yang Allah berikan untuk kebaikan kita. Jangan sekali-kali berpikir untuk mengakhiri hidup karena adanya banyak masalah yang menimpa, karena diakhirat permasalahan yang akan dihadapi akan jauh lebih besar,” tambahnya.

Selain menjadi momentum untuk berbenah diri menjadi lebih baik, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperkuat tali silaturahmi dan rasa persaudaraan antara petugas denga warga binaan pemasyarakatan Lapas Selong Kanwil Kemenkumham NTB.

Simak informasi menarik lainnya di Youtube NAWACITA TV