Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut, Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

0
98

Padangsidimpuan, NAWACITAPOST.COM -Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan mulai hari ini Senin 25 Oktober 2021, menerapkan aplikasi PeduliLindungi, sebagai langkah pendeteksian penyebaran virus Covid-19. Aplikasi tersebut berlaku bagi setiap petugas lapas sampai pengunjung / tamu yang datang. Pengunjung Lapas wajib untuk melakukan scan aplikasi peduli lindungi yang sudah petugas terapkan. Hal tersebut bertujuan mencegah dan menekan penyebaran virus Covid-19 di area lingkungan Lapas Padangsidimpuan. Selama ini, lapas steril dari orang luar yang masuk ke dalam lapas.

Baca Juga : Tumbuhkan Nilai-nilai Kebangsaan, Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Upacara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Anda dapat mengakses aplikasi tersebut melalui Playstore. Pada saat Anda mengunduh Aplikasi PeduliLindungi, Anda diminta untuk mengisi data pribadi sesuai indentitas diri dengan verifikasi nomor dan sistem akan meminta persetujuan Anda untuk mengaktifkan data lokasi. Dengan kondisi lokasi aktif, maka secara berkala aplikasi akan melakukan identifikasi lokasi Anda serta memberikan informasi terkait keramaian dan zonasi penyebaran COVID-19.

Hasil tracking ini akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran COVID-19 dapat dilakukan. Sehingga, semakin banyak partisipasi masyarakat yang menggunakan aplikasi ini, akan semakin membantu pemerintah dalam melakukan tracking.

PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Saat Anda menggunakan akun PeduliLindungi untuk Check-In maupun Check-out, PeduliLindungi akan menampilkan data status vaksinasi Anda, kondisi kesehatan Anda saat terinfeksi Covid-19 dan riwayat kontak atau infeksi covid-19. Terdapat 3 warna sebagai identifikasi status keamanan berpergian pengguna : Hijau, sudah mendapatkan vaksinasi 2 kali, tidak positif covid-19, dan bukan kontak erat dengan pasien covid-19; Kuning, sudah mendapatkan vaksinasi 1 kali; Merah, belum mendapatkan vaksinasi, positif covid-19, kontak erat dengan pasien covid-19.

Kalapas Padangsidimpuan, Indra Kesuma, A.Md.IP., SH., MH menegaskan jajarannya agar senantiasa dan aktif menerapkan aplikasi tersebut sebagai bentuk pencegahan terhadap penyebaran covid-19. Dan bagi petugas P2U agar tegas mengarahkan tamu untuk menggunakan aplikasi tersebut sesuai QR Code yang telah tersedia. Tetap terapkan protokol kesehatan, gunakan masker dan jaga jarak. Semoga kita semua terhindar dari virus covid-19 yang masih mewabah ini.

(Humas Lapasid)