Padangsidimpuan, NAWACITAPOST – Setiap 22 Oktober seluruh santri di Indonesia akan memperingati Hari Santri Nasional. Sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Hari Santri Nasional selalu dirayakan setiap tahunnya. Pada tahun ini, peringatan Hari Santri Nasional kembali dirayakan.

Baca Juga : Lapas Kelas III Kotanopan Kanwil Kemenkumham Sumut, Laksanakan Pengajian Dan Sholat Jumat bagi Seluruh WBP

Bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ikhlas Desa Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan, Kalapas Kelas IIB Padangsidimpuan, Indra Kesuma, A.Md.IP., SH., MH menghadiri rangkaian undangan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, bersama Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, didampingi Wakil Walikota Arwin Siregar dan juga turut hadir Forkopimda Kota Padangsidimpuan. Jumat, 22 Oktober 2021.

Setiap tahunnya, Hari Santri Nasional selalu diperingati dengan membawa tema tertentu. Pada peringatan Hari Santri Nasional 2021, Kementerian Agama RI mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa dan Raga” yang memiliki makna bahwa santri di seluruh Indonesia harus selalu siap siaga untuk menyerahkan jiwa dan raga guna membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Padangsidimpuan, Arwin Siregar dengan penuh khidmat. Merujuk pada tema tahun ini, Arwin Siregar mengatakan, Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.

Pengangkatan tema tersebut tentu tidak bisa dilepaskan dari sejarah yang melatarbelakangi perayaan Hari Santri Nasional. Dilansir dari pariamankota.go.id, 22 Oktober dipilih menjadi tanggal perayaan Hari Santri Nasional karena KH. Hasyim Asy’ari menyerukan Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945.

Baca juga :  Pastikan Kamtib Kondusif, Lapas Kelas III Gunung Tua Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Razia Insidentil

Sementara itu, Kalapas Indra Kesuma juga menyampaikan, supaya Hari Santri Nasional 2021 menjadi momen bagi para santri untuk selalu berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Dengan memegang nilai-nilai tersebut, para santri harapannya tidak mudah goyah ketika diterjang godaan ideologi-ideologi tertentu yang berpotensi merusak moral.

Usai kegiatan tersebut, Kalapas Indra Kesuma menyempatkan diri beramah-tamah dengan Forkopimda Padangsidimpuan disisi pondok kolam Ponpes. Kegiatan tersebut sebagai bukti silaturahmi yang erat untuk mewujudkan persatuan dalam keutamaan silaturahmi.

(Humas Lapasid)