Terkait Dugaan Penghinaan Suku Nias oleh Condrat Sinaga, Ketua DPD HIMNI Sumbar: Percayakan Kasusnya ke Penegak Hukum

0
177
Diduga Hina Suku Nias, HIMNI Sumbar Adukan Condrat Sinaga ke Polisi, Selasa (19/10/2021). foto; ist

Padang, NAWACITAPOST – Langkah bijak dan cerdas terus dilakukan suku Nias dalam menyikapi dugaan penghinaan yang dilakukan Condrat Sinaga. Caranya melaporkan yang bersangkutan ke polisi sebagai penegak hukum.

Baca Juga : Hina Suku Nias, HIMNI Sumbar Adukan Condrat Sinaga ke Polda

Kali ini, Ketua DPD HIMNI Sumbar, Edison Hulu didampingi Herman Bawamenewi selaku bidang advokasi HIMNI DPD Sumbar dan ketua DPC HIMNI Mentawai, Sudi Hulu mengadukan Condrat Sinaga ke Polisi.

Baca Juga : Gebyar Akhir Tahun ! Nawacita TV Gelar Kontes Berhadiah Jutaan Rupiah

 

Laporan ke Polisi itu sudah dilakukan kemarin (Selasa, 19 Oktober 2021).  Tujuannya,  menuntut keadilan, juga  sebagai salah satu upaya menuntut keadilan atas pernyataan Condrat Sinaga dalam akun media sosialnya pada 11 Oktober 2021 lalu yang menghina masyrakat Nias. Dia mengatakan, siapa pun, di negara RI ini tidak boleh menghina atau pun merendahkan suku dan martabat orang lain. Demikian rilis resmi DPD HIMNI Sumbar yang diterima nawacitapost.com, Rabu (20/10/21)

Simak berita lainnya di Youtube NAWACITA TV

“Kemarin, kita sudah melaporkan akun Condrat Sinaga ke Mapolda bagiian dirkrimsus. Kita memberi keterangan sejak pukul 14.00 Wib hingga pukul 18.00 Wib dengan dilengkapi sejumlah bukti, seperti rekaman video dan screen shoot pernyataan Contrad Sinaga. Langkah pelaporan ini kita lakukan, agar jangan sampai masyarakat bertindak dan main hakim sendiri,” ungkapnya.

Dia mengharapkan, agar masyarakat Nias, khususnya yang berada di Sumatera Barat untui tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu-isu yang memecah belah persatuan. Biarlah penyelesaian penghinaan yang dilalukan oleh salah seorang warga asal Sumatera Utara tersebut, kata dia, diselesaikan melalui ranah hukum.

Dia mengatakan, bahwa, selama ini, kerukunan antara masyarakat suku Nias dan suku Batak terjalin dengan baik. Namun, dengan kejadian penghinaan yang dilakukan Condrat Sinaga jelas melukai hati warga masyarakat Nias. Apa yang disampaikan oleh Contrad Sinaga melalui akun media sosialnya tidak berdasar dan melecehkan suku Nias.
“Untuk itu, mari kita percayakan kepada aparat penegak hukum untuk memproses dan menegakkan keadilan. Cukuplah,  kasus ujaran kebencian yang dilakukan oleh seorang Contrad Sinaga ini yang pertama dan terakhir. Jangan sampai ada lagi terjadi penghinaan atau pelecehan antar suku di negara yang kita cintai ini. Masyarakat Nias adalah orang yang cinta damai,” pungkasnya.