Satops Patnal Gabungan Kemenkumham Kalsel Bersama APH Geledah Rutan Barabai

0
51

Jakarta, NAWACITAPOST – Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (SATOPS PATNAL PAS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan bersama dengan Tim gabungan SATOPS PATNAL Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan mendatangi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Barabai (Rutan Barabai), Senin (18/10/2021) malam. Kegiatan digelar untuk dilakukan penggeladahan dan pemeriksaan urine bagi warga hunian Rutan.

Tim gabungan SATOPS PATNAL PAS yang hadir tidak hanya dari Kanwil Kemenkumham Kalsel dan Rutan Barabai, namun dari UPT Pemasyarakatan daerah Banua Enam (sebutan bagi daerah Kabupaten Hulu Sungai dan sekitarnya). Ikut serta pula dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Polres Hulu Sungai Tengah, Kodim Barabai, Satpol PP Kab. Hulu Sungai Tengah (HST) dan BNN Kabupaten Balangan.

Baca Juga : Gebyar Akhir Tahun ! Nawacita TV Gelar Kontes Berhadiah Jutaan Rupiah

Kegiatan digelar dengan memeriksa dan menggeledah seluruh blok kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Barabai. Sebelum penggeledahan dimulai, diawali dengan apel yang dipimpin oleh Muhammad Sussani selaku Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Kalsel. Kegiatan dilaksanakan untuk menjawab isu-isu yang berkembang dan beredar di masyarakat dan berharap pada tim gabungan SATOPS PATNAL PAS dan Aparat Penegegak Hukum (APH) untuk lebih teliti melakukan penggeledahan agar tidak ada yang terlewat.

Dalam rangkaian penggeledahan, juga dilaksanakan pemeriksaan tes urine beberapa pegawai dan beberapa WBP Rutan Barabai yang terindikasi menggunakan narkoba. Dari hasil pemeriksaan tes urine tersebut, tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba.

Simak berita viral di TikTok NAWACITA, klik Disini

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Tejo Harwanto dalam konferensi pers menyampaikan pentingnya kegiatan SATOPS PATNAL PAS. “Kegiatan malam ini terlaksana dengan cukup baik dengan bantuan UPT se-Banua Enam dan APH terkait berjalan aman dan tertib. Walaupun tidak ditemukan handphone dan Narkoba, namun masih ada barang-barang terlarang yang memungkinkan dapat menyebabkan gangguan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib),” jelasnya

“kewaspadaan dan deteksi dini perlu ditingkatkan, tidak hanya malam ini di Rutan Barabai saja, seluruh UPT Pemasyarakatan harus berkomitmen dalam pemberantasan Narkoba dan deteksi dini gangguan Kamtib serta menjalin kerja sama dengan pihak APH setempat dalam mencegah gangguan Kamtib pada UPT Pemasyarakatan” sambungnya.

(Kornelius Wau)

Simak informasi menarik lainnya di youtube kami !