Condrat Sinaga Diduga Hina Suku Nias, Ketua DPP HIMONI Minta Warga Nias Tidak Terprovokasi

1
498
Ketua umum DPP Ormas Hino Inspirasi Masyarakat Ono Niha Indonesia (HIMONI) , Fatizatulo Ndruru

Nias, NAWACITAPOST– Munculnya isu SARA di media sosial yang diungkapkan Condrat Sinaga terhadap warga Nias menimbulkan polemik.

Menanggapi penghinaan terhadap Warga Nias, Ketua umum DPP Ormas Hino Inspirasi Masyarakat Ono Niha Indonesia (HIMONI) , Fatizatulo Ndruru menghimbau kepada seluruh warga Nias untuk tidak terprovokasi.

Fatizatulo Ndruru menyebutkan bahwa penghinaan ini dilakukan oleh orang secara pribadi dan karena sakit hati kepada rekan bisnisnya.

“Semua kita suku Nias wajar saja kalau kita marah dan emosi mendengar penghinaan seperti ini. Saya mohon kepada kita semua khususnya orang kita Nias yang ada di Indonesia agar berhati-hati memberikan komentar untuk meluapkan amarahnya di media sosial,” kata dia kepada NAWACITAPOST, Selasa (19/10/2021).

Dia mengungkapkan, pihaknya akan memonitor di beberapa di daerah jika ada orang Nias yang memberikan komentar dan mengait-ngaitkan suku tertentu.

“Sekali lagi kami sampaikan bahwa penghinaan ini dilakukan oleh seseorang secara pribadi, dan jangan sampai komentar kita mengarah kepada penghinaan kepada Suku Lain, karena hal itu juga merupakan perbuatan pidana, dan jangan sampai mengarah ke isu SARA,” himbaunya.

Selain itu, pihaknya melihat bahwa kasus penghinaan ini di beberapa daerah telah dilaporkan secara resmi ke pihak kepolisian, dan dirinya meyakinkan kepada saudara-saudara semua bahwa kalau kasus seperti ini polisi pasti sudah bergerak.

 

BACA JUGA :https://nawacitapost.com/news/2021/10/19/diduga-fitnah-warga-nias-dpd-sapma-ipk-guningsitoli-minta-condrat-sinaga-diproses-secara-hukum/

“Saya sudah berkomunikasi dengan teman di Divisi Cyber Bareskrim Polri bahwa kasus ini juga sudah menjadi atensi khusus. kita bersabar dan kita serahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum karena negara kita adalah negara hukum,” terangnya.

BACA JUGA : https://nawacitapost.com/news/2021/09/28/gebyar-akhir-tahun-nawacita-tv-gelar-kompetisi-berhadiah-jutaan-rupiah

Kami memonitor bahwa yang bersangkutan juga sedang dicari polisi karena terkait dengan pidana lain yang dilaporkan oleh orang seseorang, “ paparnya.

Menurut informasi bahwa yang bersangkutan saat ini berada di luar negeri dan ini baru informasi akan terus didalami oleh Polri, apakah yang bersangkutan sudah menjadi warga negara di luar negeri atau masih warga negara Indonesia

“Kita orang orang Nias yang ada di Indonesia diharap kita tenang menahan emosi menahan amarah kita percayakan semuanya kepada aparat penegak hukum,” ucapnya.

“Apa yang harus kita lakukan kita orang-orang kita Nias yang ada di seluruh Indonesia sebagai rasa solidaritas agar kasus ini segera di diusut, akan kita koordinasikan, kita komunikasikan dengan orang-orang tua kita orang kita Nias di sini, perlu tidaknya kita melakukan sesuatu, agar apa yang kita lakukan tidak menimbulkan kegaduhan,” imbuhnya.

Selain itu, dia berharap, semuanya agar konten yang berisi penghinaan ini tidak disebarluaskan di komunitas-komunitas diluar orang Nias.

“Karena sesuatu berita yang bohong atau berita hoax apabila disebarkan sedemikian rupa maka dapat membentuk opini negativ di masyarakat,” ucapnya.

Dia juga meminta agar konten video Condrat Sinaga untuk tidak disebarkan karena akan tersangkut UU ITE, sebab, dengan turut menyebarkan, dan membagikan iinfo yang belum tentu benar atau Hoax atau tidak ada kebenarannya, dan sudah diterima laporan kita.Artinya hal ini sudah atensinya kepolisian,” tutupnya.

 

 

1 KOMENTAR

Comments are closed.