Bupati Solok : TNI Milik Rakyat dan Mengabdi Pada Rakyat

0
76

Jakarta, NAWACITAPOSTBupati Solok, Epyardi Asda menutup pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 tahun 2021, Kamis (14/10/2021). Bupati mengapresiasi pengabdian ikhlas TNI kepada rakyat, dan berharap TNI terus mengabdi untuk rakyat.

Lisda iklan hari raya yang digelar Selama 30 Hari mempersembahkan pengabdian kepada masyarakat nagari Koto Sani dan Tanjung Alai, pujian dan apresiasi patut disematkan kepada personil TMMD. Sebagaimana diketahui, TNI adalah garda terdepan menjaga keamanan negara dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

” Saya terenyuh melihat pengabdian ikhlas prajurit TNI, mengabdi tanpa pamrih demi kemaslahatan rakyat. Pada hakikatnya TNI adalah garda terdepan menjaga keamanan negara, namun TNI selalu menjadi tameng dalam kehidupan rakyat. Saya sangat berterimakasih dan mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD tersebut,” ucap Bupati Solok.

Baca Juga : Gebyar Akhir Tahun ! Nawacita TV Gelar Kontes Berhadiah Jutaan Rupiah

Kegiatan TMMD merupakan pendukung program pembangunan pemerintah bagi masyarakat desa. Keterbatasan anggaran daerah, dan banyak program pembangunan prioritas yang harus dilakukan akan sedikit mempengaruhi perhatian pemerintah daerah terhadap kebutuhan masyarakat luas.

”Dengan adanya program TMMD, kegiatan pemberdayaan dan pembangunan di nagari dapat terwujud. Dan berdampak kepada semakin meningkatnya semangat gotong royong di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Lihat berita viral di TikTok NAWACITA, klik Disini

Sementara itu amanat Pangdam I Bukit Barisan, disampaikan Kepala Staf Korem (Kasrem) 032 Wirabraja, Kolonel. Czi. Arif Hartoto. Ia menyampaikan bahwa TMMD merupakan bagian dari operasi bakti TNI yang diwujudkan untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan dan melaksanakan perbaikan infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat.

TMMD tersebut lanjut Arif, adalah untuk melanjutkan warisan budaya yang telah dimiliki oleh orang Indonesia. Semangat kebersamaan, saling bahu membahu dan sifat gotong royong yang sejak turun temurun selalu dilestarikan.

” Semangat gotong royong dan kebersamaan tersebut yang hingga kini terus kita pertahankan dan lestarikan. Dan pada TMMD kali ini, semangat kegotongroyongan itu kian bertambah kuat, ” ucap Arif.

Apresiasi juga disampaikan Arif Hartoto kepada pemerintah Kabupaten Solok dan seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan TMMD ini.

”Atas nama Pangdam I Bukit Barisan, menyampaikan Terima kasih kepada Bupati Solok, atas seluruh partisipasinya dalam pelaksanaan TMMD ke 112 ini. Dan tak lupa turut menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat pada saat pelaksanaan TMMD tersebut. Dan secara pribadi saya juga turut menyampaikan apresiasi atas dukungan Bupati Epyardi Asda kepada TNI, untuk selalu mempersembahkan pengabdian kepada rakyat di Kabupaten Solok,” tutur Kasrem 032 Wirabraja tersebut.

Sebelumnya, Dandim 0309 Solok, Letkol. Arm. Reno Triambodo yang merupakan ketua Satgas TMMD Kabupaten Solok 2021 melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan TMMD 2 Nagari di 2 kecamatan.

Reno menyebutkan, TMMD ke 112 tahun 2021 melaksanakan dua program pembangunan. Pertama adalah program pembangunan fisik, kedua program pembangunan non fisik.

Pada program pembangunan fisik, personil TMMD dan gabungan dari masyarakat sekitar, ASN Pemerintah Kabupaten Solok dan warga binaan Lapas Laing telah melaksanakan program pembangunan diantaranya: pembangunan lapangan bola, pembukaan jalan usaha tani, rehab rumah tidak layak huni dan perbaikan atau semenisasi jalan dalam nagari/desa dan lainnya.

Sedangkan pada program non fisik, personil TMMD yang turut didukung oleh Persit Kodim Solok memberikan berbagai penyuluhan dan program pemberdayaan kepada masyarakat. Diantaranya pemberian penyuluhan Keluarga Berencana, pencegahan Stunting, bahaya narkoba dan sosialisasi lainnya.

”Kami atas nama Satgas TMMD menyampaikan terimakasih kepada Bupati Solok dan seluruh pihak yang telah ikut terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini. Semoga kegiatan yang telah terlaksana ini, dapat menjadi manfaat bagi masyarakat setempat,” ucap Reno.

Diakhir kegiatan, Kasrem Arif Hartoto didaulat melakukan pemukulan gong pertanda berakhirnya pelaksanaan TMMD tahun 2021 di Kabupaten Solok. Dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima kegiatan TMMD/N di Kabupaten Solok.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas DPMD Provinsi Sumatera Barat, Amasrul. Ketua Pengadilan Negeri Solok, Kalapas Laing, Kapolres Solok Kota dan Solok Arosuka, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Solok. Camat se Kabupaten Solok dan Wali Nagari, Ketua BPN dan KAN Koto Sani dan Tanjung Alai.

Simak informasi menarik lainnya di youtube kami !