Jadi Korban Longsor, Warga Nias Selatan Butuh Perhatian Pemerintah Daerah

0
259
Foto : Bencana Longsor di Nias Selatan / Linipost

Nias, NAWACITAPOST– Sejumlah Kepala Keluarga di Desa Hilitoese, Kecamatan Hilimegai, Kaubpaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, terpaksa mengungsi sampai saat ini. Sebab rumah mereka sudah tidak dapat dihuni lagi dan sebagian lainnya terancam longsor.

Ada 5 Kepala Keluarga yang terpaksa mengungsi dan 8 kepala keluarga lainnya masih bertahan di rumahnya masing-masing walaupun keadaan dan kondisi rumahnya terancam longsor.

Kepala Desa Hilitoese Kecamatan Hilimegai, Yosefo Hlawa mengatakan, kondisi desanya sangat memprihatinkan akibat longsor di desanya sejak beberapa minggu lalu mengakibatkan kini tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.
.
“Kejadian ini bermula sekitar 2 September 2021 lalu, saat itu cuaca masih bagus lalu tiba-tiba saja tanahnya lonsgor sekitar rumah saya rumah warga lainnya ditambah lagi beberapa minggu berikutnya desa kami diguyur hujan, mengakibatkan tanah semakin longsor dan bergerak hingga beberapa pohon patah dan tumbang,” kata dia dikutp NAWACITAPOST, dari Linipost, Senin (4/10/2021).

“Sampai saat ini tanahnya terus bergerak, banyak pohon bertumbangan dan berkisar 2 rumah warga amblas ditelan bumi serta jalan sudah tidak bisa dilalui oleh kendaraan sekitar 70 meter,” kata dia.

Dia menjelaskan bahwa adanya pergerakan tanah di desanya itu di khawatirkan dapat mengakibatkan runtuhnya bangunan sekolah SMAN 2 Hiliemegai, karena tinggal sekitar 2 meter lagi jaraknya dari lokasi longsor.