Kemenkumham Sumatera Utara Dapat Pengarahan Pembangunan Zona Integritas

0
31
Kepala Kantor Wilayah, Imam Suyudi

Jakarta, NAWACITAPOST – Staf Ahli Bidang Politik dan Keamanan Menteri Hukum dan HAM, Y Ambeg Paramarta memberikan penguatan Pembangunan Zona Integritas (PZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBMM) di Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara, Selasa (28/9/2021).

Kepala Kantor Wilayah, Imam Suyudi menyampaikan bahwa Kanwil Sumatera Utara sampai saat ini terus melakukan upaya PZI baik sebagai Satuan Kerja dan juga sebagai pembina bagi 50 Unit Pelaksana Teknis (UPT) jajarannya dan saat ini sebanyak 29 Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara akan segera menghadapi panel Tim Penilai Nasional (TPN).

Imam mengaku pihaknya juga terus melakukan penguatan PZI selaku pembina melalui pendampingan dan selanjutnya monitoring dan evaluasi dibeberapa kegiatan seperti secara langsung saat kunjungan kerja ke UPT, melalui Program KUSUMA SAPA yang dilaksanakan secara virtual dan baru-baru ini mengadakan simulasi desk evaluasi khususnya bagi 28 UPT dimana 11 dilaksanakan langsung di Kanwil dan 17 UPT dilaksanakan melalui jaringan.

“Pembangunan Zona Integritas kami lakukan dengan penuh integritas dan dipastikan bebas dari KKN. Sampai saat ini kami masih pacu kinerja dari masing-masing Area Perubahan. Kami berharap pertemuan ini dapat memberikan kami penguatan yang dapat menghidupkan gairah dan optimisme jajaran Kanwil Kemenkumham Sumut dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM,” papar Imam.

Menanggapi hal ini, Ambeg menyampaikan bahwa penguatan akan menekankan pemahaman PZI secara konseptual sehingga dapat terinternalisasi pada masing-masing pegawai. Dimulai dengan pemaparan Grand Design Reformasi Birokrasi tahun 2010-2025, Ambeg mengatakan bahwa PZI hanyalah salah satu akselerasi untuk menciptakan pemerintahan yang berkelas dunia yang mana Kanwil Kemenkumham Sumut turut berkontribusi mewujudkannya.

“Goal PZI bukan meraih predikat namun menginternalisasikan PZI demi mewujudkan pemerintahan berkelas dunia. Saya berharap 29 satker di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut berhasil membangun zona integritas menuju WBK/WBBM dan berkontribusi menciptakan Kementerian Hukum dan HAM yang berkelas dunia,” ujar Ambeg.

Kegiatan berlangsung di Aula Soepomo yang dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi, Betni Humiras Purba; Plh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Erwedi Supriyatno; Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Medan, Surta Duma Sihombing dan seluruh pegawai Kanwil. Kegiatan ini juga turut dihadiri secara virtual oleh jajaran Lapas Kelas IIB Panyabungan, Lapas Kelas III Pangururan dan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Humbang Hasundutan.

(Kornelius Wau)