Komitmen Zero Halinar, Lapas Kelas IIA Samarinda Gelar Sosialisasi

0
63

Samarinda, NAWACITAPOST – Jajaran petugas Lapas Kelas IIA Samarinda menunjukkan komitmen untuk membersikan Lapas dari Handphone, Pungli dan Narkoba (HALINAR). Keseriusan tersebut ditunjukkan pihak Lapas dengan melakukan beberapa langkah yang ternyata cukup efektif, dengan sosialisasi bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dilakukan oleh Kepala Lapas Kelas IIA Samarinda, M. Ilham Agung Setyawan, Senin (19/09/2021).

Kalapas yang didampingi Kepala Satuan Pengamanan (KPLP), Tri Haryanto, Kasi Binadik Pariadi dan Kasubsi Keamanan, Fauzi Halim menyampaikan kepada perwakilan WBP dari tiap blok hunian agar mematuhi ketentuan yang berlaku di Lapas.

” Saya sebagai Kalapas menyampaikan kepada saudara-saudara sekalian, demi kebaikan kita bersama mulai saat ini, detik ini mari kita bersihkan lapas dari stigma negatif, karena itu saya ingatkan kepada semua agar jangan coba-coba memasukkan barangbarang larangan didalam lapas, baik itu barang larangan berupa benda-benda tajam (sajam) terlebih lagi handphone dan narkoba,” jelasnya

Baca Juga : Rakernispas Kumham Jabar, Optimalkan Efektivitas Fungsi Pemasyarakatan

“Kepada teman-teman WBP patuhi peraturan, jangan memaksakan diri untuk memasukkan barang-barang tersebut dengan cara mencoba meng-iming-imingi petugas dengan uang atau mencoba melakukan praktek suap menyuap, karena jika sampai ketahuan
saya pastikan akan ada sanksi berat atas hal itu” lanjut Ilham

Pengarahan Kakanwil dan Kadivpas Via Zoom Usai menyampaikan sosialisasi kepada para WBP Kalapas beserta seluruh pejabat struktural langsung mengikuti pengarahan dari
Kakanwil Kemenkumham Kaltim, Sofyan dan Kadivpas, Jumadi dilakukan secara virtual terkait langkah lanjutan dalam membersihkan Lapas dan Rutan dari barang larangan.

Baik Kakanwil maupun Kadivpas menekankan kepada seluruh jajaran pemasyarakatan se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara agar memperhatikan instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan terkait zero Halinar.

Baca Juga : Pernyataan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria Tahun 2021 Oleh Jokowi

Kegiatan ini sebagai langkah lanjutan dan bentuk kesungguhan dalam menegakkan komitmen Zero Halinar. Kepala Lapas Kelas IIA Samarinda selain menyampaikan pengarahan dan sosialisasi kepada Petugas, pada hari yang sama setelah mendengarkan pengarahan dari Kakanwil dan Kadivpas Kemenkumham Kaltim-Tara.

Kalapas tegaskan kepada jajaran petugas Lapas Kelas IIA Samarinda, agar menjaga integritas dan komitmen membersihkan lapas dari Handphone, Pungli dan Narkoba. Ia juga mengatakan jika ada petugas yang coba main-main, maka sanksi berat hingga pemecatan akan diterima siapapun petugas yang menghianati komitmen tersebut.

“Saya minta kepada saudara-saudara semua, bersama-sama kita wujudkan Lapas Kelas IIA Samarinda Zero Halinar, jangan ada yang coba main-main, karena instruksi dari pimpinan sudah sangat jelas dan tegas dan kita semua harus melaksanakannya. Kita juga sudah sama-sama mendengarkan bahwa siapapun petugas yang berani main-main, maka sanksi berat sudah menunggu, bahkan bukan tidak mungkin akan dilakukan pemecatan” tuturnya.

Baca Juga : Serbuan Vaksinasi dan Bakti Sosial AKABRI 98 Nawahasta di UIB Batam

Setelah arahan dan sosialisasi, selanjutnya dilakukan penandatanganan komitmen bersama seluruh petugas Lapas Kelas IIA Samarinda Zero Halinar.

Disinggung mengenai sarana komunikasi bagi WBP, Kalapas menjelaskan pihaknya akan memaksimalkan pelayanan Wartelpas sehingga para WBP bisa terus dapat terhubung dengan keluarganya. “Jadi untuk sarana komunikasi, kami sudah siapkan Wartelpas, dan akan terus kami tingkatkan sarana dan prasarananya sehingga fungsinya bisa maksimal.” tandasnya.

(Kornelius Wau)

Simak informasi menarik lainnya di Youtube kami!