Padangsidimpuan, NAWACITAPOST – Jika kita sejenak mendengar kata “LAPAS”, tentunya hal pertama yang akan muncul dalam pikiran bahwa ini adalah penjara tempat orang-orang yang memiliki catatan kriminal dan pasti jauh dari kesan indah. Tapi tunggu dulu, mari kita berfikir selangkah lebih maju bahwa itu adalah pradigma yang tidak benar. Menindaklanjuti Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 27 Tahun 2018 tentang Pelayanan Publik Berbasis HAM. Lapas Padangsidimpuan semakin gencar berbenah guna menciptakan suasana Lapas yang kian humanis dan nyaman serta jauh dari kesan negatif.

Baca Juga : Perbanyak Pasang Fire Block dan CCTV, Kalapas Kelas IIB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut : Untuk Mewaspadai Gangguan Kamtib

Hal ini tentunya menjadi PR tersendiri bagi Kalapas Padangsidimpuan, Indra Kesuma, A.Md.IP., SH., MH, untuk menciptakan suasana nyaman dan aman. Guna membangun citra positif Lapas dimata masyarakat, Kalapas Indra Kesuma beserta jajaran menyulap halaman depan Lapas menjadi sebuah kolam ikan hias yang bertujuan untuk terciptanya kesan nyaman dan humanis para pengunjung, Sabtu 18 September 2021.

Ya, kolam ikan hias dianggap menjadi salah satu pilihan yang dirasa cukup memberikan kesan yang nyaman kepada para tamu dan keluarga WBP saat berkunjung ke Lapas. Suara gemercik air dan angin tentunya akan menambah rasa ketenangan tersendiri, sehingga pengguna layanan akan lebih merasa nyaman saat menunggu nomor antrian.

Perubahan dan inovasi yang telah dilakukan kini menuai banyak pujian dari masyarakat, bahwa kini Lapas Padangsidimpuan telah bertransformasi menjadi sebuah instansi layanan public yang ramah dan humanis. Terang Kalapas Indra Kesuma.

Kedepannya Kalapas Indra Kesuma menegaskan, akan terus melakukan perubahan baik di Layanan khusus pengunjung dan Layanan warga binaan. “Perubahan demi perubahan akan terus kami lakukan pada layanan pengunjung dan layanan warga binaan, baik itu peningkatan kualitas sarana dan prasarana serta kualitas petugas pelayanan,” ujar Kalapas Indra Kesuma sembari memberi senyum optimis.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Pemprov Bogor Bentuk Sinergitas Antar Lembaga

(Humas Lapasid)