Tokoh Pemuda PS, Ketua PWI Siak dan Ketua Pemuda Pancasila Tebar 11.000 Bibit Patin ke Sungai Siak

0
53

Siak, NAWACITAPOST – Sebanyak 11.000 ekor bibit ikan Patin ditebarkan ke Sungai Siak Kecamatan Tualang oleh tokoh pemuda Pinang Sebatang (PS) Arizal bersama Ketua PWI Siak Wiwik Widaningsih dan Ketua Pemuda Pancasila Dedi Kusnedi atau lebih dikenal Dedi Boxer, Kamis (16/9/2021).

Penaburan bibit ikan Patin tersebut langsung menggunakan sampan ke tengah Sungai Siak. Puluhan masyarakat Pinang Sebatang turut hadir dan menyaksikan penaburan bibit ikan patin. Satu persatu Ikan yang berada di dalam kantong langsung dibuka dan ditabur ke Sungai terdalam di Indonesia itu.

Warga yang menyaksikan langsung terlihat antusia. Mereka berharap dengan penaburan bibit ikan Patin, ekosostem sungai terus terlestari.

Arizal mengaku sangat peduli dengan ekosistem yang berada di Sungai Siak. Saat ini nelayan mengaku kurang tangkapan ikan apalagi Ikan Patin, maka bersama PP, PWI Siak langsung menabur bibit ikan patin.

“Semoga bibit ini hidup dan nelayan atau masyarakat Perawang bisa menikmati ikan kebanggaan masyarakat Riau dari Sungai Siak,” kata Arizal usai menabur benih ikan di Sungai Siak, Kampung Pinang Sebatang, Kecamatan Tualang.

Arizal mengatakan bahwa daging ikan patin sangat lezat disantap dan memiliki gizi yang baik.Banyak macam yang bisa diolah melalui daging patin ini, apalagi asem pedas patin.

“Masyarakat bisa menikmati Ikan Patin sl Sungai Siak kita ini dan bisa juga menjadi nilai ekonomis untuk dijual,” jelas Arizal yang merupakan calon Penghulu Pinang Sebatang.

Hal senada juga disampaikan Dedi. Dirinya menilai penaburan bibit ikan patin yang dia lakukan bersama PWI Siak dan Arizal merupakan bentuk peduli ekosistem Sungai Siak.

“Saat ini nelayan Perawang mengeluhkan susah mendapatkan ikan di Sungai Siak. Semoga penaburan bibit ikan patin ini bisa bermanfaat dan nelayan bisa menikmati,” tandasnya.

Wiwik menyatakan penaburan bibit ikan Patin ini di sungai tentu sangat membantu masyarakat khususnya bagi nelayan setempat

“Dengan penaburan bibit ikan Patin ini diharapkan kelestarian ikan di sungai tetap terjaga. Kami berharap tokoh pemuda seperti Erizal dapat menjadi motivasi pemuda lainnya lebih berinovasi. Kami sangat mendukung penaburan ikan di Sungai Siak,” katanya.

(Sokhiaro Halawa)