Perkuat Perlindungan Data, Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut Bentuk Tim Cyber Security

0
89

Padangsidimpuan, NAWACITAPOST – Kalapas Padangsidimpuan, Indra Kesuma, A.Md.IP., SH., MH, merespon cepat surat Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi mengenai Himbauan Antisipasi Serangan Siber para Hacker. Bertempat diruang Humas dan didampingi pejabat struktural Lapas, Kalapas mengumpulkan 9 orang staf guna mengantisipasi hal tersebut,  Rabu (15/9/2021).

Baca Juga : Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH Meninjau Secara Langsung Pelaksanaan Seleksi P3K Untuk Guru

Berlatar belakang pengetahuan teknologi yang cukup membuat Kalapas Indra Kesuma memberikan kepercayaannya untuk melindungi data yang ada di Lapas Padangsidimpuan.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan kalapas pada kesempatan itu, yaitu : menjaga kerahasiaan user ID pada seluruh aplikasi, memback up data penting Lapas, mengganti User ID dan sandi secara berkala, berkoordinasi dengan tim Pusdatin guna pengamanan data, meningkatkan proteksi seluruh aplikasi (Security Awareness) dan membatasi akses pada situs atau link berbahaya.

Jeams Ht. Barat yang dipercaya sebagai tim keamanan siber mengatakan, akan mendukung dan bekerja sama dengan tim untuk membentuk suatu keamanan siber untuk melindungi sistem, jaringan, dan program dari ancaman atau serangan digital. “Ada beberapa serangan siber yang wajib diwaspadai, seperti : Malware, Phishing, Ransomware, Social Engineering, Kebocoran Data, Hacking, Insider Threat dan masih byk berbagai serangan lainnya,” Ucap Jeams.

Diakhir pertemuan tersebut, Kalapas Indra Kesuma mengajak kepada seluruh jajarannya agar waspada terhadap kemajuan teknologi, meningkatnya ketergantungan masyarakat modern pada inovasi dunia teknologi informasi tentunya akan menjadi penyebab timbulnya istilah serangan siber ini. “Jangan coba mengakses situs-situs berbahaya yang mungkin tidak kita kenali, bekerjalah sesuai dengan tugas dan fungsi agar Lapas Padangsidimpuan senantiasa dalam keadaan aman dan baik,” Tutup Kalapas Indra Kesuma.

(Humas Lapasid)