Percepat Penanganan Banjir Katingan, BNPB Kerahkan Relawan

0
101

Jakarta, NAWACITAPOSTRelawan membantu warga terdampak banjir yang melanda Kabupaten Katingan, mereka mendukung percepatan penanganan darurat di lokasi terdampak, Senin (13/09/2021). Relawan dan tim BNPB menempuh jarak 300 kilometer melalui perjalanan darat menuju Kabupaten Katingan untuk membantu penanganan bencana.

Hal itu dikatakan oleh Ambrulah, koordinator tim gabungan BPK/PMK Emergency Batola, saat ditemui di Posko Bencana Banjir Kabupaten Katingan. “Perjalanan dari Batola ke Katingan cukup jauh, kami menempuh jarak 300 kilometer sekitar delapan jam untuk sampai posko ini,” kata Ambrulah, Senin (13/09/2021).

Ia bercerita, kedatangannya dan tim merupakan panggilan nurani dan merasa bahwa warga terdampak adalah keluarga sehingga perlu turun membantu penanganan banjir di Katingan.

“Ketika mendengar dari laporan Whatsapp dan cukup viral di medsos (media sosial) kami merasa para warga terdampak merupakan saudara kami meskipun beda daerah, kemudian kami memutuskan untuk mengirim tim ke sini,” tuturnya.

“Sebelum berangkat, kami berkoordinasi dengan BPBD Batola untuk meminta dukungan kendaraan dan juga peralatan. Akhirnya kami dipinjamkan empat mobil, satu perahu karet, 10 jaket pelampung dan obat-obatan,” lanjut Ambrulah.

Lebih lanjut ia menambahkan, timnya terdiri dari berbagai latar belakang  dan memiliki kemampuan penanganan bencana.

“Tim kami terdiri dari berbagai macam latar belakang, ada yang pekerja, mahasiswa dan pelajar. Tentunya memiliki kemampuan dan pengalaman penanganan bencana,” tutupnya.

Sementara itu, Roby yang menjabat sebagai Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan menyambut baik dukungan yang diberikan oleh para relawan maupun masyarakat dalam penanganan bencana.

“Kami apresiasi keterlibatan masyarakat dan relawan karena dapat meringankan dan mempercepat penanganan bencana, khususnya Katingan sangat terbantu, terkadang relawan bisa mencapai lokasi terlebih dahulu karena tinggal di dekat lokasi,” kata Roby.

BPBD Kabupaten Katingan memfasilitasi relawan, seperti tempat tinggal dan makanan selama tanggap darurat. “Salah satu bentuk apresiasi kami adalah dengan  memfasilitasi tempat istirahat dan makanan selama mereka bertugas di Katingan,” imbuhnya.

BPBD Kabupaten Katingan kemudian mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan akan adanya banjir susulan, mengingat masih berpotensi terjadi hujan dalam beberapa waktu ke depan.

Simak informasi menarik lain di Youtube kami !