Komisi D DPRD Surabaya Dukung Wali Kota Laksanakan RPJMD ‘Bukan Sekadar Janji Manis’

0
117

Surabaya NAWACITAPOST – Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Khusnul Khotimah menyatakan siap mendukung sekaligus mengawasi program yang sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Surabaya, Jatim, periode 2021-2026.

Menurut Khusnul, dukungan dan pengawasan itu harus dilakukan agar program-program yang sudah dirancang dalam RPJMD bukan hanya janji manis dan teori semata. Oleh karena itu, semua elemen di Pemkot Surabaya harus bekerja keras mewujudkannya.

“Pak Wali Kota (Eri Cahyadi, red) sudah menegaskan jika RPJMD Surabaya 2021-2026 isinya bukan sekadar janji-janji manis saat kampanye dulu. Tapi semua program di lapangan harus terakomodir dan terevaluasi semuanya. Saya sepakat dengan pernyataan Pak Wali Kota tersebut,” ujar Khusnul, saat dikonfirmasi, Sabtu (11/9/2021).

Politisi perempuan PDI Perjuangan ini mencontohkan beberapa program prioritas yang harus dilaksanakan. Seperti pemberian beasiswa untuk SMA-SMK, pengembangan layanan kesehatan berbasis nuklir, pembangunan rumah sakit di wilayah Surabaya Timur, pengembangan layanan kesehatan di puskesmas dan program layanan masyarakat lainnya.

Selain itu, lanjutnya, upaya pemulihan ekonomi juga tidak dapat terpisahkan dengan penguatan infrastruktur kesehatan. Kemudian mengoptimalkan sentra wisata kuliner, transformasi perdagangan konvensional ke berbasis digital serta intervensi terhadap UMKM maupun sektor informal.

“Pemulihan ekonomi dan kesehatan tidak terpisahkan. Perumusan hingga implementasi kebijakan formulanya harus tepat sehingga bisa mencapai target pembangunan yang diharapkan,” jelasnya.

“Untuk mewujudkan program-program tersebut memang tidak mudah. Perlu kerja keras semua pihak. Tidak hanya wali kota atau wakil wali kota, tapi juga seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Surabaya. Kami di Dewan sebagai fungsi pengawasan, akan mengingatkan jika program tersebut tidak jalan atau jalannya kurang kencang,” ungkap Khusnul, yang juga sebagai Ketua Pansus RPJMD Kota Surabaya ini.

Oleh karena itu, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini mendukung langkah Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk rutin mengevaluasi kinerja bawahannya. Tidak hanya kepala perangkat daerah tapi termasuk pula kepada Camat, Lurah, Kepala Bidang (Kabid) dan Kepala Seksi (Kasi).

“Mengusung visi ‘Gotong Royong menuju Surabaya Kota Dunia yang Maju, Humanis dan Berkelanjutan’ dirasa tepat untuk membangkitkan optimistisme segenap stakeholder Kota Surabaya menghadapi pandemi. Untuk itu, semua pihak harus bergandengan demi mewujudkan RPJMD 2021-2026,” pungkasnya. [*]