Antisipasi Penumpukkan Sampah, Rutan Kelas IIB Sipirok Kanwil Kemenkumham Sumut Kembali Giatkan Kebersihan 

0
145

Sipirok, NAWACITAPOST – Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Sipirok Kanwil Kemenkumham Sumut kembali melaksanakan kegiatan giat bersih, mengingat akhir-akhir ini sering terjadinya hujan. Hal ini dilakukan, untuk mencegah dan mengantisipasi adanya penumpukkan sampah di area Lapas,  Sabtu 4 September 2021.

Baca Juga : Jelang Belajar Tatap Muka, Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution Bagikan Masker Untuk Guru dan Siswa

Kepala Rumah Tahanan (Karutan)  Sipirok Jepri Ginting memaparkan, daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, tepatnya Kecamatan Sipirok yang akhir-akhir sering turun hujan, menjadikan lingkungan lebih rentan. Pada musim hujan lingkungan mudah kotor dibandingkan saat musim kemarau. Ini disebabkan karena kelembaban udara yang tinggi sehingga membuat sampah-sampah jadi mudah membusuk dan akhirnya menjadi sarang kuman.

Tambahnya, Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai tempat seperti selokan yang menggenang, dan bisa menimbulkan berbagai penyakit. Dengan kondisi tersebut, perlu kesadaran bersama untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, terutama di musim hujan ini.

Lanjutnya, untuk mengantisipasi dan mencegah hal tersebut, Warga Binaan Pemasyarakatan di Rutan Kelas IIB Sipirok bersama-sama membersihkan area sekitar kamar hunian, membersihkan area selokan dan membuang setiap sampah yang menumpuk ke tempat sampah untuk kemudian dibakar.

Dalam pelaksanaannya, Warga Binaan tetap di awasi oleh petugas yang sedang berjaga untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Akhirinya

(Humas Rutan Sipirok)