Wagub Kepri Ajak Pramuka di Kepri Berbakti Tanpa Henti

0
331

Tanjungpinang, NAWACITAPOSTWakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina mengatakan setelah pandemi Covid-19, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah membentuk satuan tugas untuk membantu menanggulangi Covid-19. Berbagai hal telah dilakukan, mulai pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota Gerakan Pramuka, dan lainnya.

“Untuk itu, memasuki adaptasi kebiasaan baru, saya mengajak para pramuka untuk menjadi Duta Perubahan Perilaku. Diharapkan Pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19 ini,” kata Marlin saat bertindak selaku Pembina Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021 Gerakan Pramuka Kwarda Kepri di Halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kamis (26/8).

Upacara ini digelar dengan tetap mentaati protokol kesehatan ketat karena pandemi Covid-19 yang masih melanda. Dalam amanatnya, Wagub Marlin mengajak seluruh peserta upacara untuk menyambut dengan suka cita karena organisasi kepramukaan kini telah genap berusia 60 tahun. Meskipun gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia berusia jauh lebih tua, namun sejak 60 tahun lalu telah menyatu dalam satu wadah yang disebut dengan Gerakan Pramuka.

“Karenanya, peringatan Hari Pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam wadah tunggal, Gerakan Pramuka,” ujar Marlin.

Dalam kesempatan tersebut, Marlin tetap berpesan mengenai pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak setahun lalu, membuat semua harus disiplin menahan diri, prihatin, dan berusaha membantu menanggulangi pandemi tersebut.

“Untuk itu Tema Hari Pramuka dan peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka adalah ”Pramuka Berbakti Tanpa Henti dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional”. Sementara slogan yang merupakan inti tema tersebut adalah “Pramuka Berbakti Tanpa Henti” ungkapnya.

Marlin juga menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pramuka tahun ini juga ditandai dengan menetapkan bulan Agustus sebagai Bulan Bakti Pramuka, sebagaimana ditetapkan dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional No. 094 Tahun 2021.

“Hal ini bukan berarti pada bulan-bulan lain Pramuka tidak mengadakan kegiatan bakti kepada masyarakat, namun khusus di bulan Agustus, semua kegiatan bakti tersebut ditingkatkan, dilipat gandakan dan dimasifkan” tutur Wagub Marlin.

Upacara ini disejalankan dengan penyerahan Tanda Penghargaan Melati, Darma Bakti, Panca Warsa, Lencana Teladan serta Wiratama. Upacara ini diikuti oleh Forkopimda Kepri atau yang mewakili, Walikota Tanjungpinang  Rahma, Pj. Sekdaprov Kepri Lamidi, Para Asisten Pemprov Kepri, Staf Ahli, serta Kepala OPD Pemprov Kepri

(Yosdarson Daeli)