Balikpapan, NAWACITAPOST – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan pada menggelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Tingkat Kabupaten Paser yang dilaksanakan secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, Rabu (25/08/2021). Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi Balikpapan Rakha Sukma Purnama, dihadiri oleh sejumlah stakeholder di wilayah Kabupaten Paser yang terlibat dalam hal pengawasan orang asing, diantaranya TNI-Polri.

BINDA, Kejaksaan Negeri, Kesbangpol, Disnaker, Disdukcapil serta perwakilan Seksi Inteldakim Kanim Balikpapan. Kepala Kantor Imigrasi Balikpapan Rakha menjelaskan bahwa persoalan orang asing bukan hanya merupakan persoalan keimigrasian saja, melainkan sudah menjadi dinamika kehidupan masyarakat di Indonesia.

“Melalui Tim Pengawasan Orang Asing ini, diharapkan menjadi wadah bersama untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan yang nantinya dapat dijadikan solusi bersama dalam menangani permasalahan orang asing.” ungkap Rakha dalam sambutannya.

Baca Juga :

Konsisten Layani Masyarakat, Lapas Garut Tetap Buka Kunjungan Secara Online

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan narasumber dari Kantor Wilayah Kementerian Hukun dan HAM RI Kalimantan Timur yakni Kepala Divisi Keimigrasian Hendro Tri Prasetyo dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Paser Nonding. Kemudian dilakukan diskusi dan tanya jawab terkait isu aktual pengawasan terhadap orang asing yang berada di kabupaten yang memiliki motto Paser Buen Keson (Paser Berhati Baik).

 Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 50 Tahun 2016 tentang Tim
Pengawasan Orang Asing, salah satu tugas dari TIM PORA adalah melakukan koordinasi dan pertukaran data serta informasi, yang nantinya dijadikan sebagai saran dan pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan pengawasan terhadap orang asing.

(Kornelius Wau)

Baca juga :  Usai Langgar Prokes di Hajatan, Wakil Bupati Lampung Tengah Kapok