Balikpapan, NAWACITAPOST – Menciptakan Inovasi layanan publik tak henti-hentinya dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan. Kali ini dengan mengambil nama satwa endemik Kalimantan, Kanim Balikpapan meluncurkan layanan SI BEKANTAN (imigraSI BErikan Kenyamanan pelayanAN izin tinggal tanpa daTANg).

Layanan itu merupakan inovasi untuk memudahkan warga negara asing (WNA) dalam mengajukan izin tinggal. Dimana pemohon cukup menunggu dari rumah atau kantor WNA tersebut, selanjutnya petugas imigrasi yang akan datang untuk memproses permohonan izin tinggal.

Pada layanan perdananya Rabu (25/08/2021) SI BEKANTAN bersama maskot layanan Kanim Balikpapan SI BINTANG, hadir di Kantor PT. Hyundai Engineering yang saat ini mengerjakan proyek pembangunan Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Balikpapan.

Kesempatan itu Imigrasi Balikpapan melayani permohonan Izin Tinggal 5 warga negara
berkebangsaan Korea Selatan, yang diawali dengan pemeriksaan dokumen persyaratan dan dilanjutkan pengambilan biometrik (foto dan sidik jari).

”Layanan SI BEKANTAN sangat memudahkan kami dalam mengajukan izin tinggal tenaga kerja asing, betul-betul sangat cepat dan nyaman.” ujar Damar perwakilan PT. Hyundai Engineering.

Layanan SI BEKANTAN dapat dimanfaatkan WNA yang berada di wilayah kerja Kanim
Balikpapan, meliputi Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten
Paser. Adapun prosedurnya diawali dengan pengajuan permohonan secara tertulis yang
diantar langsung atau dikirim melalui email ke alamat knm.balikpapan@kemenkumham.go.id dengan permohonan kolektif minimal berjumlah 5 orang.

Pemohon layanan ini juga diwajibkan menyediakan tempat dan koneksi internet yang memadai, adapun jadwal layanan akan ditentukan Kantor Imigrasi Balikpapan pada hari kerja senin hingga jumat pukul 08.00 sampai dengan 15.00 Wita.

(Kornelius Wau)

Baca juga :  Kritisi Pasal 282 RUU KUHP, JS Simatupang : Kriminalisasi dan Ancaman Bagi Profesi Advokat