Jakarta, NAWACITAPOSTLembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tangerang melaksanakan pemberian Remisi Umum (RU) Tahun 2021 di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia kepada Warga Binaan Pemasyarakatan, Selasa (17/08/2021). Remisi diberikan sebagai pemenuhan hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Kegiatan dihadiri langsung Kalapas Kelas IIA Tangerang, Herastini, Kasi Binadik, Herti Hartati, Kasubsi Registrasi, Kurniyantini, dan Staf Registrasi.

Kegiatan berikutnya penyerahan Remisi Umum secara simbolis kepada perwakilan Warga Binaan sebagai penerima Remisi Umum. Kegitaan ini berlangsung di Ruang Interkom Lapas Kelas IIA Tangerang.

BACA JUGA:  Apresiasi WBP Berkelakuan Baik, Rutan Kelas IIB Serang Beri Remisi Pada 213 Narapidana

WBP yang mendapatkan remisi sebanyak 235 orang dari 414 total WB. Dari 235 orang tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu RU I dan RU II. WBP yang mendapatkan RU I sebanyak 232 orang dan RU II sebanyak 3 orang, namun ketiganya tidak bisa langsung bebas karena harus menjalankan subsider terlebih dahulu.

Remisi diberikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia yang terdiri dari Pasal 34 (1) Peraturan Pemerintah (PP) No.99 Tahun 2012 sebanyak 168 orang, dan Pidana Umum sebanyak 67 orang.

Penyampaian Surat Keputusan dan Daftar terlampir Remisi Umum secara transparan dipublikasikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan dengan menempelkan di setiap Paviliun hunian, agar menjadi refleksi bagi mereka dari pola perubahan perilaku menjadi lebih baik sehingga semakin cepat berintegrasi dengan masyarakat.

Kegiatan berlangsung dengan lancar, dan tetap disiplin protokol kesehatan dengan menggunakan masker. Terakhir kegiatan ditutup dengan dokumentasi berupa foto dan testimoni dari Warga Binaan Pemasyarakatan yang mendapatkan remisi umum di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga :  Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Kunjungi Lapas Sukabumi