Di Hari Jadi ke 60 Gerakan Pramuka, Bupati Siak Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa IV

0
94

Siak, NAWACITAPOSTPada peringatan Hari Jadi Pramuka ke-60 tingkat Kabupaten Siak, ketua Kwartir Cabang 09 (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Siak, Drs. H. Alfedri, M.Si menerima penghargaan Lencana Pancawarsa IV. Penghargaan ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kwartir Daerah 04 (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau Nomor 30 Tahun 2021.

Selain karena pengabdian selama 20 tahun, lencana ini diberikan karena dinilai telah berjasa dan memberi sumbangsih dukungan yang cukup besar bagi perkembangan Gerakan Pramuka khususnya di Kabupaten Siak.

Dimomen hari ulang tahun ke 60 Gerakan Pramuka, Alfedri berharap agar gerakan pramuka terus memberikan manfaat nyata kepada masyarakat. Khususnya di masa pandemi apa saja yang telah dilakukan untuk membantu masyarakat.

“Sesuai dengan arahan dari Ketua Kwarnas selama pandemi ini membuat kita harus disiplin menahan diri, prihati dan berusaha membantu menaggulangi pandemi tersebut,” ucapnya, Sabtu (14/8/2021) di Halaman kantor Kwarcab Siak.

Dikesempatan itu ia mengajak di usia ke 60 tahuan Gerakan Pramuka ini dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan, karena sesuai dengan tema Hari Pramuka ke 60 Pramuka Berbakti Tanpa Henti.

Lencana Pancawarsa diberikan kepada anggota orang dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.

Pada peringatan HUT Pramuka ke-60 tingkat Kabupaten Siak, juga diberikan penghargaan Lencana Melati untuk dua orang dewasa berdasarkan SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 103 Tahun 2021. Kemudian Penghargaan Lencana Darma Bakti untuk 1 orang dewasa berdasarkan SK Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 104 Tahun 2021.

Kemudian Lencana Pancawarsa I untuk 20 orang, Lencana Pancawarsa II untuk 6 orang, Lencana Pancawarsa IV untuk 3 orang dan Lencana Pancawarsa V untuk 2 orang, penghargaan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Nomor 30 Tahun 2021.

Kemudian Lencana Darma Bakti untuk 1 orang serta penghargaan Pramuka Garuda sebanyak 4 orang dari pramuka siaga, 4 orang dari pramuka penggalang dan 4 orang dari pramuka penegak, sekaligus menyerahkan Sertifikat Akretidasi Gugus Depan (Gudep) se-Kwarcab Siak.

(Sokhiaro Halawa)