Kapolres AKBP Roman Smaradhana Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Tapsel Tentang Penanganan Covid-19

0
102

Tapanuli Selatan, NAWACITAPOST – Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH., S.IK., MH. Bersama PJU Polres Tapanuli Selatan Mengikuti Kegiatan Rapat Koordinasi Forkopimda Kabupaten Tapanuli Selatan dalam rangka Penanganan Penyebaran Virus Covid-19 di Wilayah Hukum Polres Tapanuli Selatan bertempat di Aula Kantor Bupati Tapanuli Selatan Lama Jalan Kenanga Kel. Ujung Padang Kec. Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan, Kamis 22 Juli 2021 Pukul 21.00 WIB sampai Selesai.

Baca Juga : Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Tinjau Penyaluran Bansos Pada  Penerapan Kebijakan PPKM Darurat

Dalam agenda kegiatan Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 turut dihadiri Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.PT., MM., Sekretaris Daerah Kab. Tapanuli Selatan Drs. Parulian Nasution, MM., Dandim 0212 / TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, S.IP., Wakapolres Tapanuli Selatan Kompol Rahman Takdir Harahap, SH. Kabag Sumda Polres Tapanuli Selatan Kompol Bumbunan Lumban Raja, Kabag Ren Polres Tapanuli Selatan Kompol Gamal Lusiawan, Kaban Kesbangpol Kab. Tapanuli Selatan Hamdy S. Pulungan.

Dan di ikuti oleh Para Pimpinan Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) Kab.Tapanuli Selatan serta di hadiri Para Kasat dan Perwira Polres Tapanuli Selatan dimana agenda rapat Koordinasi dibuka oleh Sekda Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM.

Dandim 0212 / TS dalam kata sambutannya terkait situasi terkini Penyebaran Virus Covid-19 di Wilayah Kodim 0212 / TS (Wakil Ketua I Satgas Covid-19 Kab. Tapanuli Selatan) Yakni agar dalam Pelaksanaan Pengamanan tetap harus Mematuhi Protokol Kesehatan serta mengantisipasi dan deteksi dini terhadap orang yang terpapar Covid-19 dengan memberi edukasi terkait Penyebaran Virus Covid-19.

“Presiden RI memberikan mandat kepada TNI sebagai pelopor dalam hal ini Kodim 0212 / TS tempat Isolasi terpusat/terpadu bekerja sama dengan Pemkab Tapanuli Selatan dan Polres Tapanuli Selatan (Kab. Tapanuli Selatan Level 3/Zona Orange)” lanjutnya.

Kapolres Tapanuli Selatan terkait dengan Penanganan Penyebaran Virus Covid-19 di Wilayah Hukum Polres Tapanuli (Wakil Ketua II Satgas Covid-19 Kab.Tapanuli Selatan) mengatakan supaya melakukan upaya penanganan terhadap Penyebaran Covid-19 di Wilayah Kab.Tapanuli Selatan dengan melaksanakan Anev setiap minggu serta bekerjasama dengan Pemkab, TNI dan Polri dalam Penanganan Penyebaran Covid-19.

Kemudian melihat kekurangan serta kelemahan kita dalam Penanganan Penyebaran Covid-19 sekaligus melakukan Pengecekan Posko Covid-19 sampai ke tingkat dusun sampai Desa.

Merubah pola perilaku, kebiasaan serta disiplin masyarakat dan menyiapkan perlengkapan/APBD kemudian tetap melaksanakan Vaksinasi dengan sasaran 70% yaitu 225 ribu orang di Wilayah Kab. Tapanuli Selatan.

Aktifkan wajib lapor bagi masyarakat yang keluar masuk daerah tersebut serta perkuat
Idealisme Berkeadilan dan Kesadaran diri.

Melibatkan Kelompok Ahli untuk menilai situasi Penyebaran Covid-19 di Wilayah Kab. Tapanuli Selatan yang semakin tinggi untuk
TNI – Polri Siap Mendukung Penekanan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Kab. Tapanuli Selatan dengan berbasis anggaran.

Laporan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Kab. Tapanuli Selatan Sofyan Siregar terkait paparan oleh Dandim 0212 / TS dan Kapolres Tapanuli Selatan.

Bupati Tapanuli Selatan (Ketua Satgas Covid-19 Kab. Tapanuli Selatan) dalam kata sambutannya,
Melihat Situasi Covid-19 di Indonesia yang semakin meningkat maka diberlakukan PPKM Level 1-4 oleh karena itu, diharapkan untuk terus meningkatkan vaksinasi massal, tetap terapkan protokol kesehatan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Kasus Penyebaran Virus Covid-19.

Dandim 0212 / TS memberikan tanggapan untuk melaksanakan Swab Antigen kepada Masyarakat yang tidak memakai masker ditempat didampingi oleh petugas kesehatan dengan tujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Forkopimda.

“Kemudian tempat Isolasi dan Posko Covid-19 tolong di cek disini, bisa dilihat sisi kepedulian kades kepada masyarakatnya”, lanjut Dandim.

Kapolres Tapanuli Selatan juga memberikan tanggapan supaya
melakukan deteksi dini guna mengetahui masyarakat yang terpapar dan tetap laksanakan Vaksinasi Massal untuk mengejar ketertinggalan dari target yang telah ditentukan dengan tetap mematuhi prokes.

“Dalam penyemprotan disinfektan tanggal 25 Juli nanti tolong mengundang TNI Polri demi membangun sinegritas Pemkab bersama TNI Polri dan Regulasi Ops Yustisi agar dipertegas”, terang AKBP Roman

Terakhir Arahan dan bimbingan oleh Bupati Tapanuli Selatan,
Kita berharap Pemulihan Ekonomi di Wilayah Kab. Tapanuli Selatan semakin membaik, memaksimalkan produk – produk pertanian dengan Review Penegakan disiplin dengan melakukan perubahan pada Perbup.

Selama Pelaksanaan Kegiatan Rapat Koordinasi Forkopimda Kabupaten Tapanuli Selatan dalam rangka Penanganan Penyebaran Virus Covid-19 berlangsung, tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi Mobilitas (5M) guna Mencegah Penyebaran Covid – 19.

(Humas Polres Tapsel)