Kakanim palangka raya, Ujang Cahya

Jakarta, NAWACITAPOST – Kepala Kantor Imigrasi Palangka Raya, Ujang Cahya didampingi oleh para Kepala Seksi dan Kasubag TU mengikuti Bimbingan Teknis (bimtek) Kebijakan Pelayanan Publik secara virtual melalui sambungan zoom yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Deputi bidang Pelayanan, Diah Natalisa pada hari selasa (13/07/2021) bertempat di aula kantor.

Dalam sambutannya, Diah Natalisa memberikan apresiasi kepada unit penyelenggara pelayanan publik yang tetap memberikan layanan optimal di tengah pandemi sebagai wujud pelayanan prima.

“Pelayanan publik yang prima harus dilakukan transformasi secara bertahap dari yang sebelumnya service by consumer menjadi paperless sehingga menjadi smart government,” ujar diah kepada peserta bimtek mengikuti kegiatan.

Diah menghimbau agar peserta bimtek benar-benar memperhatikan dan memahami pedoman penilaian evaluasi penyelenggara pelayanan publik yang nanti akan dipaparkan.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan Pemaparan Materi disampaikan oleh Analis Kebijakan Madya, Taufiq Hidayanto Setiawan membahas tentang Evaluasi Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Taufiq menjelaskan, ada enam aspek yang perlu menjadi perhatian, yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan public (SIPP), konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

“Unsur-unsur yang perlu menjadi perhatian harus diberikan dengan optimal, agar pelayanan prima dapat diwujudkan oleh tiap-tiap unit penyelenggara,” jelas taufiq.

Bimbingan teknis kali ini diikuti oleh perwakilan Instansi Kemenkumham, Kejaksaan, dan Pemerintah Daerah. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi cerminan untuk meningkatkan kualiatas layanan publik ke depannya kepada masyarakat.

(Kornelius Wau)

Baca juga :  Penetapan Program yang Objektif dan Rasional serta Kolaborasi Bersama Menjadikan Riset Teknologi Nuklir Indonesia Bertaraf Global