Awas!! Harimau Sumatera Berkeliaran di Riau : Lukai Warga dan Ternak 

0
723

Siak, NAWACITAPOST – Wilayah kampung Teluk Lanus kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak mecekam akibat warga di cakar oleh satu Ekor harimau Sumatera berkeliaran di tempat pemukimah warga dan begitu juga ternak sapi,kerbau,Anjing,Ayam, dan ternak lainya menjadi Sasaran harimau yang berkeliaran dalam beberapa minggu terakhir, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga : Wakil Bupati Siak H Husni Nerza, Baznas Kembali Salurkan Dana Zakat di Kecamatan Siak

Kepala penghulu Teluk lanus SYAHRONI Kecamatan Sungai Apit telah melayakan surat resmi atau melaporkan kepada Kepala BBKSDA Provinsi Riau
Cq.Bapak Kepala BKSDA Kabupaten Siak tentang harimau berkeliaran Di kampungya yang melukai salah satu Korban tentangga kampungya dan ternak warganya,hasil Konfrmasi salah satu Tokoh masyarakat sungai Apit dan sekaligus Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sungai Apit,”SAHRI,S.Pd, Selasa (13 /7/2021)Pukul 13.00 wib melalui pesan WAnya.

Jejak kaki harimau di pekarangan warga, Provinsi Riau, dalam satu minggu terakhir ini.

SAHRI,S.Pd.Menjelaskan satwa liar tersebut telah memangsa beberapa ternak warga dan apa lagi satu orang warga tentangga kampung terluka berat akibat cakara se ekor harimau sehingga warga setempat membuat resah dan ketakutan saat beraktifitas di luar maupun di dalam Rumah,”Jelas Shari

“Shari juga melihat dan mendegar informasih dari warga sekita saat kelokasih Kampung Teluk lanus bahwa ada beberapa harimau yang berkeliaran dengan cara berkelompok dan berkeliaran di kebun warga, baik ďari lokasih ternak warga maupun Di lahan kebun warga teluk lanus, kataya.

Akibat gigitan Harimau Sumatera

Lanjut Shari Harimau Sumatera yang berkeliaran tersebut, Pantau beliau harimau dewasa Satwa liar yang terancam punah tersebut mendekati pemukiman penduduk beberapa bulan terakhir secara berkelompok. Maupun sendiri – sendiri
Akibat kejadian itu, warga setempat yang berprofesi sebagai petani ketakutan untuk pergi berkebun. Alasannya karena sudah banyak ternak dan apa lagi ada korban luka berat yang kena cakara harimau yang di lindungin tersebut,”ujarnya.

“atas kejadian hariamu melukai salah satu warga dan memaka ternak,”Shari sebagai Tokoh masyarakat Teluk lanus kecamatan Sungai Apit,meminta Pemerintah Kabupaten Siak,Pihak terkait,Polisi,Dan terkhusus Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau Melalui BKSDA Kabupaten Siak agar bergerak cepat untuk mengatasinya.. tentunya nyawa manusia diatas segalanya.. mungkin surat yang telah di layangkan oleh Kepala kampung teluk lanus Langsung di Respon serta Ekxpos beberapa media,agar turun ke lokasi mengambil tindakan untuk Melakukan patroli bersama masyarakat terlebih – lebih Pemerintah Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Siak,”Tegasnya.

Saat di Konfirmasi Nawacitapost, Kapolsek Sungai Apit,”AKP YUDHA EFIAR SH melalui Bhabinkantibmas Teluk lanus BRIPKA TAUFIK. F menyampaikan bahwa Benar Hariamau sumatra yang berkeliaran di Pekukiman warga yang melukai salah satu warga tentangga dan ternak warga berharap Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)Kabupaten Siak dan pihak terkait agar sama segera mengambil tindakan agar harimau itu kembali ke habitat aslinya di hutan,”kata Taufik.F

“Masyarakat Takut jika mengambil tindakan tegas karena harimau merupakan Satwa di lindungin dan takut berurusan dengan pihak berwajib,karena itu Mengharapkan agar hal ini ada tindakan tegas dan solusi dari pemerintah melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Siak,hal ini sangat resah dan sangat berharap agar pihak terkait bisa memberikan solusi,” tutup Bripka Taufik F, Bhabinkantibmas Teluk lanus.

(Sokhiaro Halawa)