Foto : Jaya Mahendra selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas III TPI Labuan Bajo.

Labuan Bajo, NAWACITAPOST – Sebanyak 26 orang pegawai Kantor Imigrasi Kelas III TPI Labuan Bajo beserta 4 orang pegawai PPNPN melakukan test Swab antigen pada hari Selasa (06/07/2021). Kegiatan yang bertempat di Kantor Imigrasi Kelas III TPI Labuan Bajo ini dilakukan sebagai bentuk pendeteksian dini penyebaran Covid-19 di Kantor Imigrasi Kelas III TPI Labuan Bajo.

“Mengetahui kondisi kesehatan pegawai pegawai Kantor Imigrasi Kelas III TPI Labuan Bajo, dapat mencegah penularan Covid-19 kepada masyarakat yang akan melaksanakan permohonan Paspor bagi WNI maupun pengurusan Izin Tinggal bagi WNA serta keluarga mereka di rumah” kata Jaya Mahendra selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas III TPI Labuan Bajo.

Tes Swab Antigen merupakan tes diagnostik yang dapat mendeteksi protein spesifik dari virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Antigen adalah zat yang yang dapat merangsang imun.

Tes Swab Antigen dilakukan dengan pengambilan sampel cairan pernapasan (lendir) dari hidung atau bagian tenggorokan di belakang hidung dengan alat cotton bud panjang. Sampel tersebut lalu ditempatkan di larutan khusus untuk melihat ada atau tidaknya antigen virus corona.

Hasil tes Pemeriksaan kesehatan ini hasilnya bisa diketahui dalam waktu yang relatif cepat, mulai dari 15 menit sampai dengan setengah jam. Berdasarkann hasil tes Swab Antigen diketahui dua orang pegawai Kantor Imigrasi Kelas III TPI Labuan Bajo menunjukan hasil reaktif.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III TPI Labuan Bajo Jaya Mahendra mengingatkan kepada seluruh pegawai agar tidak panik dan langsung mengambil beberapa kebijakan. Hal pertama yang dilakukan adalah memulangkan kedua pegawai yang mendapat hasil reaktif agar dapat melakukan isolasi mandiri dikediamannya masing-masing.

Selanjutnya dilakukan penyemprotan disinfektan diseluruh ruangan, pembagian vitamin kepada seluruh pegawai, penerapan WFH dan WFO sampai batas waktu yang ditentukan dan kewajiban untuk berjemur di pagi hari guna meningkatkan imun tubuh.

Baca juga :  Mendikbud Nadiem Makarim Siap Jalankan Visi Jokowi

Jaya Mahendra berharap agar seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas III TPI Labuan dapat bersama-sama mencegah penyebaran covid-19 sehingga pada saat melakukan tes Swab Antigen lanjutan, tidak ada lagi pegawai Kantor Imigrasi kelas III TPI Labuan Bajo yang menunjukan hasil yang reaktif.

(Kornelius Wau)