0
688

Nias, NAWACITAPOST – Bertempat di Rock Star Beach Desa Hilisataro Raya Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan, Kusuma hadir memenuhi undangan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Penyabar Nakhe) untuk memberikan pengenalan mengenai Perseroan Perorangan dan Pendataan Sajian Kuliner Tradisional Kabupaten Nias Selatan sebagai Kekayaan Intelektual, Minggu (27/06/2021).

Kusuma diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Flora Nainggolan beserta Tim memberi ucapan terima kasih atas undangan yang diberikan Kepala Kantor Wilayah.

Flora mengapresiasi kegiatan tersebut, Ia menyampaikan harapannya agar semakin banyak kesenian daerah, kuliner tradisional dan budaya yang ada di Kepulauan Nias masuk sebagai Kekayaan Intelektual.

Kabid Pelayanan Hukum (Kabid Yankum) menjelasan bahwa Pemerintah berupaya melakukan terobosan terhadap pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) melalui UU Cipta Kerja terkait dengan pendirian Perseroan Perorangan yang mudah dan berkarakter.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan, serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perseroan yang Memenuhi Kriteria untuk Usaha Mikro dan Kecil, Perseroan Perorangan dapat memudahkan pelaku usaha untuk mengakses pembiayaan dari perbankan.

“Diharapkan keberadaan Perseroan Perorangan dapat menjadi solusi atas bantuan permodalan bagi pelaku UMK”, harap Flora.

Selanjutnya Flora menyampaikan kesiapannya dalam pendataan dan pendaftaran bagi kepulauan Nias. Sebab Nias memiliki banyak peninggalan sejarah, budaya, dan kuliner tradisional yang harus dilestarikan.

“Seluruh Kekayaan Kebudayaan, Kesenian, Kuliner yg menjadi kekayaan bangsa harus dilindungi keberadaannya dan Kanwil Kemenkumham Sumatera siap untuk menfasilitasi pendataan dan pendaftarannya”, ucapnya.

Selain Kabid Pelayanan Hukum, kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H, Ketua DPRD Nias Selatan Elisati Halawa, ST, Kadis Pendidikan Nias Selatan Nur Hayati Telaumbanua, Perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Polres Nias Selatan, Tokoh Masyarakat serta Kepala Desa se Kecamatan Toma.

Acara tersebut merupakan serangkaian dari kegiatan Festival Kuliner Tradisional “Fakhe Nifalogu & Babae” yang diikuti perwakilan desa di Kabupaten Nias Selatan sebagai Pendataan Kekayaan Intelektual yang akhirnya dapat di daftarkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum Dan HAM R.I.