Agus Emas Riyadi Wakili Perpustakaan Tengku Maharatu SMP N 1 Tualang, Ikuti Diklat Nasional Kepala Perpustakaan Sekolah (KPS) Se-Prov Riau

0
141
Dra Hj Rahima Erna, M.Si, serta Kepala Pusdiklat Perpustakaan Nasional Yoyo Yahyono, SIP. M.Si dan Pembina Atpusi Provinsi Riau Drs Hendri Prides, M.Si serta Ketua Atpusi Riau Latif, M.Pd

Siak, NAWACITAPOST –  Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia atau Atpusi Provinsi Riau Gelar Diklat untuk 60 Kpela Perpustakaan se provinsi Riau. Kegiatan Diklat Nasional Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah SE Provinsi Riau serta kerja sama Perpustakaan Nasional RI dengan Atpusi dilaksanakan mulai dari tanggal 14-26 Juni 2021 di Hotel Dlira Syariah Pekanbaru dengan aturan protokol kesehatan.

Baca Juga : Resmikan Vaksin Center, Kapolda Riau : Penanganan Covid-19 Harus Dikelola Secara Benar

Kegiatan Diklat ini langsung dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau Dra Hj Rahima Erna, M.Si, serta Kepala Pusdiklat Perpustakaan Nasional Yoyo Yahyono, SIP. M.Si dan Pembina Atpusi Provinsi Riau Drs Hendri Prides, M.Si serta Ketua Atpusi Riau Latif, M.Pd.

Kepala Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI, Drs Yoyo Yahyono mengatakan, Perpustakaan Sekolah di Riau bisa menata manajemen Perpustakaan agar sesuai dengan standar Nasional.

“Hal ini sangat penting agar Kepala Perpustakaan tidak hanya mampu mengolah bahan pustaka saja. Karena, perpustakaan itu adalah jantung untuk sekolah. Tapi juga bisa mengalih media dalam bentuk digital dan menyebarluaskan kepada peserta didik atau sekolah lainnya,” ujar Drs Yoyo Yahyono dalam acara diklat Nasional Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah Se-Riau, Senin (14/6).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau Dra Hj Rahima Erna, M.Si mengatakan, dengan adanya kegiatan Diklat Kepala Perpustakaan ini nantinya Perpustakaan Sekolah yang ada di Provinsi Riau bisa cepat berkembang dan menjadi tempat anak yang bisa menemukan bakatnya tersendiri, serta wisata literasi oleh masyarakat.

“Jadi bisa menumbuhkan jiwa dan minat literasi di semua kalangan serta Kepala Perpustakaan bisa menerapkan Standar Perpustakaan yang sudah ada pada UU NO 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan,” kata Rahima.

Sementara itu Ketua Atpusi Riau Latif, M.Pd dalam sambutannya juga berharap kepada seluruh peserta Diklat Kepala Perpustakaan ini bisa menerapkan aturan-aturan yang sudah ada oleh perpustakaan Nasional, sehingga bisa melahirkan SDM yang unggul kreatif. Dia mengatakan juga harus bisa memulai dari hal yang kecil untuk bisa mencapai yang kita inginkan.

Pada kesempatan tersebut Perpustakaan Tengku Maharatu SMPN 1 Tualang Kabupaten Siak mengutus Tenaga Perpustakaannya yakni Agus Emas Riyadi, S.Pd, untuk mengikuti Diklat Nasional Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah Se-Prov Riau.

“Saya sangat berterima kasih kepada Kepala Sekolah sudah mendukung dan memberikan kami motivasi sehingga kami di berikan amanah untuk bisa ikut dalam kegiatan Diklat Nasional Kepala Perpustakaan Sekolah,” ujar agus.

Agus menjelaskan, kegiatan ini sangat penting dan berharap setelah mengikuti Diklat ini, Terus ada Diklat Diklat selanjutnya dan Perpustakaan sekolah yang ada di Kabupaten Siak bisa berkembang. Sehingga perpustakaan bisa menjadi jantungnya kegiatan Pendidikan disetiap Sekolah dengan standar pengelolaan yang sudah di tetapkan.

(Sokhiaro Halawa)