Smack Ball, Olahraga Baru yang Lahir dari Gagasan Anak Bangsa

0
250

Surabaya NAWACITAPOST – Sebelas tahun mencoba untuk mengenalkan sebuah karya yang dapat menjadi identitas Olahraga Tanah Air Indonesia adalah suatu mimpi besar seorang Guru Olahraga.

Iwan Heri Santoso, Seorang Guru olahraga saat di SMAK Santo Hendrikus Surabaya yang menjadi Penggagas awal permainan Bola Banting yang kemudian di namakan Smack Ball.

Smack Ball atau disebut Bola Banting adalah sebuah permainan baru, bisa menjadi prestasi anak bangsa yang membanggakan jika di dukung oleh pihak pihak terkait dalam mengenalkan dan mempopulerkan permainan ini,

“Smack Ball merupakan satu olahraga baru yang lahir dari gagasan anak Bangsa Indonesia pada tahun 2009 tepatnya di Surabaya,” tutur Iwan sang penggagas

“Permainan Smack Ball atau Bola Banting merupakan olahraga yang tergolong permainan bola besar, dan Permainan ini merupakan hasil adopsi dan pengembangan dari tiga bentuk permainan bola yaitu Bola Basket, Bola Tangan dan American Football.” lanjut Iwan menjelaskan kepada media ini.

Permainan ini sangat cocok bagi anak muda jaman sekarang ini, banyak keunggulan dan keunikan dalam permainan ini, seperti:

  1. Permainan ini merupakan jenis olahraga bola besar yang menggunakan dua bola dan terdapat dua tempat lempeng sasaran untuk mencetak poin pada masing-masing tim.
  2. Cara mencetak poin yaitu dengan membanting bola ke lempeng sasaran tersebut.
  3. Aktif, dengan menggunakan 2 bola sehingga dapat terjadi saat tim itu menyerang, pada saat bersamaan pula tim tersebut diserang, sehinggah terjadi aktifitas yang sama dalam posisi pertahanan pada masing-masing tim.
  4. Menarik, karena melihat antuasisme para remaja sangat baik untuk memahami permainannya sehingga dengan mudah memainkannya.

Permainan smack ball ini dimainkan oleh 10 orang di masing masing tim, dan dilakukan selama 4 round, yang terdiri dari 10 menit setiap roundnya.

Dalam perjalanan sosialisasi permainan Smack Ball ini disambut dengan sangat baik oleh masyarakat khususnya remaja, sehingga permainan ini sempat dikompetisikan di Surabaya melalui sekolah-sekolah.

Sambutan baik dari masyarakat dikarenakan olahraga permainan ini mempunyai daya tarik cukup tinggi dilihat dari jenis atau model permainanya. Keunikan permainannya yang menggunakan dua bola dalam satu permainan dan memiliki dua tempat di masing – masing tim untuk mencetak poin, menunjukkan sesuatu jenis atau model permainan yang sangat menarik dan baru di Indonesia, bahkan di dunia. Dengan jenis atau model permainan seperti ini maka menjadikan permainan ini aktif dan reaktif.

“Saya sangat berterima kasih pada Dispora Kota Surabaya yang telah mendukung dengan mensosialisasikan kepada masrayakat kota Surabaya, baik melalui pelatihan dan kompetisi, Saya berharap Bapak Menpora RI mengetahui karya ini dengan melihat secara langsung permainan Smack Ball, dan besar harapan saya dapat di sosialisasikan secara nasional. Saya bermimpi Smack Ball menjadi salah satu permainan olahraga yang menjadi satu kebanggaan bagi Bangsa Indonesia”, tutup Iwan mengakhiri perbincangan.(BNW)