Walikota Medan Bobby Melakukan Tabur Benih Ikan di Sungai Deli Medan

0
294
Medan,NAWACITAPOST– Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK, Kahiyang Ayu melakukan penanaman bibit pohon mangga yang dilanjutkan dengan penaburan benih ikan ke Sungai Deli, Di kawasan yang berdekatan dengan Kanal Deli Bersinar Jalan Eka Sama, Kecamatan Medan Johor Jumat (4/6/2021)

Penanaman bibit pohon mangga dan penaburan ikan ini merupakan rangkaian acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dihelat Yayasan Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude). Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Armansyah Lubis, Camat Medan Johor, Zulfachri, Ketua Kopasude, Agung Rizki, dan segenap aktivis lingkungan hidup.

Usai melakukan penanaman bibit pohon mangga, Wali Kota melakukan peninjauan kawasan hutan kota tersebut. Tanah dalam goni yang bertumpuk-tumpuk dan berjejer panjang di pinggiran hutan kota itu jadi perhatian Wali Kota.

Dia menanyakan asal tanah tersebut. Ketua Kopasude, Agung Rizki, mengatakan kepada Wali Kota, tanah itu berasal dari korekan kanal.

Wali Kota tidak ingin tanah tersebut diletakkan di hutan kota. Dia meminta kepada pihak kecamatan agar memanfaatkan goni berisi tanah itu untuk membuat tanggul.

“Jangan ada lagi tumpukan goni berisi tanah ini di kawasan hutan kota. Pihak kecamatan bisa menggunakannya untuk membuat tanggul,” ucap Wali Kota.

Setelah meninjau hutan kota tersebut, Wali Kota bersama Ketua TP PKK Medan menuju aliran Sungai Deli di dekat pintu air Kanal Deli Bersinar. Dengan bergandeng tangan, Wali Kota dan Ketua TP PKK berjalan melintasi rumput ilalang di pinggiran sungai yang membelah Kota Medan itu. Selanjutnya, Wali Kota bersama Ketua TP PKK Medan menabur benih ikan ke Sungai tersebut.

Di tempat ini, Wali Kota melihat sampah menumpuk di dekat pintu air. Tumpukan sampah kayu, bambu, dan plastik ini menghambat aliran air. Kondisi ini juga menjadi perhatian Wali Kota. Dia meminta agar BWS mengangkut sampah tersebut agar air bisa mengalir. Wali Kota juga tampak memberikan arahan kepada Camat Medan Johor.

Ketua Kopasude, Agung Rizki, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran Wali Kota bersama Ketua TP PKK Medan. Menurutnya, ini membuktikan Wali Kota Medan sangat concern pada mengatasi persoalan-persoalan lingkungan hidup.

Agung Rizki berharap Wali Kota tetap maksimal berbuat untuk Sungai Deli dan penanganan banjir di Kota Medan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan, lanjutnya, adalah memaksimalkan fungsi kanal.

“Kopasude komit mendukung usaha Wali Kota dalam menangani banjir Sungai Deli dan Kota Medan,” ucapnya seraya menjelaskan, dalam perhelatan ini, jumlah bibit mangga yang ditanah sebanyak 250, sedangkan benih ikan yang ditabur ke Sungai Deli sebanyak 4.000.

Agung mengungkapkan optimisme pada kepemimpinan Bobby Nasution di Kota Medan ini. “Kami senang memiliki Wali Kota yang muda, Wali Kota yang benar-benar bekerja, dan benar-benar respons pada persoalan kota dan warganya,” ucapnya.