Petani Lokal Butuh Kehadiran Pemkab Untuk Kemajuan Usaha Pertanian dan UMKM di Humbahas

0
291
Istana Bibit di di Desa Hutapaung, Humbahas

Humbahas, NAWACITAPOST Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas)  memiliki potensi pertanian yang menjanjikan kesehjateraan khususnya bagi petani alpokat di  Humbahas.

Pegiat petani bibit Alpokat, Herbin Lumban Gaol mengatakan bahwa  potensi alam di Humbahas sangat menjanjikan, karena melalui pengadaan bibit alpokat ini telah banyak menciptakan perekonomian bagi para petani Alpokat.

Disela-sela wawancara dengan tim Nawacitapost, L.Edward Batubara,melalui video zoom, Herbin menyampaikan keluhannya soal perhatian Pemkab Humbahas dalam kerjasama pemberdayaan pengadaan bibit alpokat di Humbahas.

Dia mengaku para petani lokal membutuhkan perhatian dan dukungan dari Pemkab Humbahas dalam pemberdayaan bibit alpokat ini.

Istana Bibit di di Desa Hutapaung, Humbahas

“Kami menyayangkan sikap Pemkab Humbahas terkait adanya pengadaan bibit alpokat dari luar Humbahas yang dilakukan oleh Dinas Pertanian, Kabupaten Humbahas, padahal di Humbahas sendiri memiliki pemberdayaan bibit alpokat yang sudah berkualitas dan kebetulan dikelolah oleh para pengusaha muda lokal dari Humbahas,” kata Herbin beberapa waktu lalu.

 

Lebih lanjut , dia menyampaikan bahwa seharusnya Pemkab Humbahas lebih mengutamakan dan memberikan edukasi  bagi para petani yang sudah lebih dulu berkiprah mengadakan usaha pembibitan alpokat  daripada mendatangkan  bibit alpokat  dari luar Humbahas.

Dia berharap agar pemerintah Kabupaten Humbahas memberikan perhatian khusus para petani lokal dalam kerja sama pengembangan bibit alpokat  untuk menggerakan ekonomi pertanian dan faktor penunjang lainnya.

“Harapannya agar Pemkab Humbahas memberikan skala prioritas terhadap para petani, khususnya bagi pengusaha lokal dalam mengembangkan bibit alpokat dan lainya  di Humbahas ,” tegasnya.

(Laporan : L Edward Batubara/ Tim NAWACITAPOST